Ekbis

Cuaca Ekstrime, Produsen Ikan Asin di Sampang Mandek

Ikan asin produksi asli Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Musim penghujan membuat produksi ikan asin di wilayah Kabupaten Sampang, berhenti sementara. Sebab, cuaca mendung menghambat proses pengeringan ikan.

Produsen ikan asin di Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan/Kabupat Sampang, Moh. Amin menyampaikan, produksi ikan asin terus terhambat akibat kondisi cuaca dan curah hujan yang relatif tinggi. “Kami kesulitan untuk melakukan proses pengeringan ikan asin dan memilih berhenti sementara,” terangnya, Sabtu (13/2/2021).

Menurutnya, produksi ikan asin yang digelutinya hanya memanfaatkan cuaca cerah dan cahaya matahari. Selain itu untuk mengantisipasi ikan tidak busuk. “Di musim penghujan produksi ikan asin membutuhkan biaya lebih besar. Semisal ikan harus disimpan dengan garam lebih banyak serta waktu lebih lama,” imbuhnya.

Dengan kondisi tersebut pihaknya beserta produsen ikan asin lainya memilih untuk tidak memproduksi ikan asin dalam jangka waktu sementara. Sembari memanfaatkan cuaca cerah di sela-sela tingginya intensitas hujan saat ini.[sar/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar