Ekbis

Cuaca Buruk Bikin Harga Ikan Laut di Kota Malang Naik

Penjual ikan laut di Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Dampak dari cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir membuat stok ikan laut di pasaran Kota Malang berkurang. Banyak nelayan enggan melaut karena cuaca buruk, akibatnya jumlah ketersediaan menipis hingga stok ikan kosong.

Salah satu pedagang ikan di Pasar Besar Malang, Maria Ulfa mengatakan stok ikan yang kosong adalah tengiri. Sementara jenis lainnya stoknya berkurang. Akibatnya, ikan laut mengalami kenaikan harga mulai Rp5 ribu hingga Rp10 ribu per kilogram. “Kalau pun stoknya ada harganya ikan tengiri. Juga naik dari Rp80 ribu menjadi Rp 90 ribu per kilogram,” kata Ulfa, Selasa, (26/1/2021).

Ulfa mengatakan, sejumlah ikan yang naik antara lain, ikan dorang dari sebelumnya Rp60 ribu kini dibanderol Rp62 ribu, ikan kerapu naik Rp50 ribu menjadi Rp55 ribu, ikan kakap putih kini dibanderol Rp50 ribu dari sebelumnya seharga Rp45 ribu per kilogram.

“Untuk ikan kakap merah naik dari Rp55 ribu menjadi Rp60 ribu. Ikan tongkol juga naik dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram. Harga udang pun juga ikut naik dari Rp50 ribu per kilogram, saat ini menjadi Rp60 ribu,” ujar Ulfa.

Selama ini, Ulfa mendapat pasokan ikan laut dari Probolinggo dan Sendang Biru Kabupaten Malang. Dampak dari kenaikan harga ikan laut, ini berpengaruh terhadap daya beli masyarakat yang merosot hampir 50 persen akibat pandemi Covid-19. “Para pembeli rata-rata berasal dari permintaan warung makan. Permintaan dari warung makan itupun hanya dua hari sekali,” tandasnya. (Luc/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar