Iklan Banner Sukun
Ekbis

Covid-19 Melandai, Usaha Persewaan Gedung Mulai Ramai

Gedung Sasana Praja milik Pemkab Ponorogo mulai ramai di sewa. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Melandainya kasus Covid-19 belakangan ini, berdampak positif dari segi ekonomi. Kegiatan-kegiatan usaha mulai masif dilakukan oleh masyarakat. Salah satu yang berpengaruh positif adalah usaha persewaan gedung. Awal tahun 2022, sudah banyak yang melakukan inden atau sewa untuk berbagai kegiatan, salah satunya resepsi pernikahan.

“Tahun ini sudah ada 28 pemesan untuk gedung Sasana Praja. Kebanyakan pemesan ya untuk acara resepsi pernikahan,” kata Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah
Heru Budi Santoso, Jumat (7/1/2022).

Heru berharap tahun ini tidak ada ledakan lagi kasus Covid-19. Sebab, banyaknya kasus Covid-19 akan berdampak pada persewaan gedung Sasana Praja. Tahun lalu sedikitnya ada 30 pesanan sewa gedung yang dibatalkan. Sebab saat ini sedang ketat-ketatnya penerapan PPKM.

“Tahun lalu, penerapan PPKM di bulan Juni hingga Oktober praktis semua agenda persewaan Sasana Praja di bulan-bulan tersebut dibatalkan. Pemerintah melarang semua kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, salah satunya resepsi pernikahan,” ungkap Heru.

Alhasil, pendapatan asli daerah (PAD) dari persewaan gedung Sasana Praja ini jauh dari yang sudah ditargetkan. Tahun lalu, target PAD dari persewaan gedung Sasana Praja mencapai Rp 172 juta. Namun, realisasinya hanya diangka Rp 141 juta. “Tahun lalu saat masih pandemi, PAD dari persewaan gedung Sasana Praja cuma dapat Rp 141 juta dari yang ditargetkan sebanyak Rp 172 juta. Ada selisih sekitar Rp 30 juta,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Heru menyebut target PADA dari persewaan gedung Sasana Praja tahun ini mencapai Rp 371 juta. Dia optimistis target tersebut bisa dipenuhi. Asalkan tidak ada lagi lonjakan kasus Covid-19. “Kebanyakan ya pesenan manten, kalau untuk kegiatan vaksinasi ya kita gratiskan untuk persewaan gedung Sasana Praja,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar