Ekbis

Cara Babinsa Doho Tingkatkan Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Madiun (beritajatim.com) – Babinsa Doho Koramil 0803/12 Dolopo jajaran Kodim 0803/Madiun Sertu Kemis, melaksanakan pendampingan petani jagung dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

Lokasi yang ditinjau adalah lahan jagung dengan luas lahan 0,14 Ha milik Sukimin, warga Dusun Cempo, Desa Doho, Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun, Minggu (26/7/2020). Dalam pendampingan tersebut Babinsa Doho memantau pertumbuhan jagung milik Sukimin yang merupakan anggota Poktan Dewi Sri.

Sertu Kemis mengatakan, perawatan jagung itu dilakukan secara rutin agar hasil panen sesuai yang diharapkan. “Dengan memonitoring tanaman milik petani, dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai penyebaran hama tanaman jagung,” jelasnya.

“Tanaman jagung perlu di rawat agar bisa tumbuh optimal. Salah satu perawatannya dengan cara pengendalian gulma dan tanaman pengganggu, mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah sampai membersihkan tunas dan rumput. Kegiatan ini dilaksanakan secara bersama-sama antara masyarakat setempat,” imbuhnya.

“Harapannya, kualitas jagung kan sesuai dengan yang diinginkan oleh petani, sehingga panen melimpah dan meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di tengah masih merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia,” pungkas Sertu Kemis. [end/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar