Iklan Banner Sukun
Ekbis

Bupati Pamekasan Genjot Pengembangan Potensi Desa Wisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno berbincang bersama Bupati Badrut Tamam, dalam Workshop KaKo Kreatif di Mandhapa Agung Ronggosukowati Pamekasan, Kamis (25/5/2022).

Pamekasan (beritajatim.com)Bupati Pamekasan, Badrut Tamam berkeinginan untuk terus mengembangkan potensi wisata di daerahnya. Untuk mewujudkannya, sinergi dengan Pemerintah Pusat akan selalu dijalin.

Pengembangan potensi desa wisata menjadi salah satu fokus Pemkab Pamekasan. Apalagi, tahun ini ada satu desa di Pamekasan yang ditetapkan sebagai Desa Wisata Indonesia.

Kabar ini didapat Badrut langsung dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat pertemuan di Mandhapa Agung Ronggosukowati pada Kamis pekan lalu. Dalam pertemuan tersebut, Sandiaga juga mendorong pelaku usaha kreatif di Pamekasan dapat memanfaatkan peluang bisnis yang berdampak pada tumbuh kembangnya perekononomian.

“Pemkab Pamekasan akan terus bersinergi mengembangkan Desa Wisata, terlebih seperti yang diinfokan Pak Menteri (Sandiaga Uno) bahwa tahun ini ada desa Pamekasan yang masuk jaringan Desa Wisata Indonesia,” kata Badrut.

Dia sangat berharap agar desa wisata di Pamekasandapat mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki. Sehingga dapat bersaing dengan desa maju lain di Indonesia.

“Seperti harapan Pak Menteri, bahwa tahun depan desa wisata Pamekasan bisa menembus 50 besar desa wisata Indonesia,” harapnya.

Kondisi tersebut juga selaras dengan langkah dan upaya yang dilakukan Pemkab Pamekasan, salah satunya melalui program Desa Tematik, yang digagas Bupati Badrut Tamam sejak awal memimpin.

“Melalui gerakan desa tematik, Pemkab Pamekasan akan terus mendorong terwujudnya desa makmur dan sejahtera. Desaku Makmur, Pamekasan Hebat,” tegasnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno yang menghadiri Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia, dilakukan sebagai upaya meningkatkan sektor inovasi, kreatifitas dan jiwa kewirausahaan para pelaku ekonomi kreatif.

Melalui program tersebut, pihaknya juga memiliki keinginan serupa untuk menjadikan Pamekasan sebagai Kabupaten Kreatif. Sehingga sangat dibutuhkan dukungan dari para stakeholders parekraf yang ada di Pamekasan dapat memilih satu dari 17 subsektor unggulan.

Karena itu, pihaknya menyatakan komitmen untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah demi menumbuhkan ekosistem yang mampu membangkitkan ekonomi, membuka lapangan kerja, responsif terhadap kemajuan teknologi. Bahkan Sandiaga Uno juga mengaku terinspirasi dengan program Wirausaha Baru (WUB) yang nantinya akan bersinergi dengan pemerintah pusat. [pin/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar