Iklan Banner Sukun
Ekbis

Bupati Pamekasan Berencana Tingkatkan Penjualan Produk WUB

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam meninjau produk program WUB saat peresmian Wamira Mart di Pamekasan.

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Badrut Tamam berencana menerapkan aturan wajib bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pamekasan, untuk mengenakan sepatu batik produk lokal Wirausaha Baru alias WUB.

Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya sosialisasi, sekaligus dalam rangka mendukung program pemerintah untuk membeli produk dalam negeri, termasuk produk program Saputangan Biru yang notabene menjadi salah satu program prioritas Bupati Badrut Tamam.

“Rencananya dalam waktu dekat kami akan wajibkan seluruh ASN di Pamekasan, agar memakai sepatu batik produk UMKM. Semoga hal ini dapat terealisasi dalam waktu dekat,” kata Bupati Badrut Tamam, Jum’at (19/11/2021).

Tujuan lainnya dalam rangka meningkatkan penjualan produk lokal di daerah yang dipimpinnya, apalagi saat ini juga terdapat Warung Milik Rakyat atau Wamira Mart yang digagas Pemkab Pamekasan. “Hampir semua produk yang dijual di Wamira Mart merupakan buatan warga Pamekasan, hasil program WUB,” ungkapnya.

“Jadi selama ini tidak pernah terbayangkan jika anak-anak muda peserta program WUB dapat membuat brand sendiri, seperti songkok (kopyah), sarung, sepatu batik, camilan dan berbagai jenis produk lainnya,” sambung Mas Tamam.

Selama ini kopyah dan sarung dibeli dari luar daerah, namun berkat adanya program WUB kini sudah dapat memproduksi sendiri dengan kualitas juga dapat bersaing. “Dari dulu tidak ada yang membayangkan kita punya songkok yang begini, termasuk juga punya sarung Pamekasan tidak ada, tapi sekarang sudah ada,” jelasnya.

Pihaknya mengajak seluruh OPD untuk memanfaatkan keberadaan produk lokal karya peserta WUB maupun UMKM. “Jadi rapat minumnya pokak, terus yang dimakan produk UMKM. Setelah itu kita akan dorong seluruh ASN dalam sebulan sekali harus belanja di UMKM. Minimal di warung tetangga kita,” imbuhnya.

“Melalui produk lokal ini, perputaran uang ada di Pamekasan. Pemerintah akan terus berkomitmen memberikan yang terbaik kepada masyarakat melalui program yang memihak untuk kesejahteraan masyarkat, khususnya di Pamekasan,” pungkasnya. [pin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati