Ekbis

Bupati Lumajang Siapkan Ketahanan Pangan Lokal Hadapi Covid-19

Lumajang (beritajatim.com) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq terus berpikir keras untuk kebutuhan pangan masyarakatnya jika wabah covid-19 tidak reda. Salah satunya dengan mendata komoditas pangan lokal yang bisa memenuhi kebutuhan pangan.

“Kalau sektor pertanian, untuk beras kita surplus,” kata Cak Thoriq sapaan akrab orang nomer satu di Lumajang, Rabu (15/4/2020).

Menurut dia, dirinya melalui dinas pertanian mengajak bicara para pemilik pengilingan beras dan gudang di Lumajang. Kemudian meminta para kelompok tani berhitung untuk ketersediaan pangan didesanya.

“Yang paling rawan bila wabah ini jadi panjang, masyarakt perkotaan. Kalau desa bisa mandiri,” ungkap pria 3 anak itu.

Kerawanan kebutuhan pangan akan terjadi pada masyarakat perkotaan yang tergantung dengan hasil orang desa. Sedangkan masyarakat pedesaan secara alamiah akan melakukan pola hidup dari hasil tani dan pekarangan.

“Program Ngeramut tonggo filosofinya adalah ketahanan pangan lokal, pada kebutuhan beras atau karbohidrat,” terangnya.

Sektor pertanian saat ini sedang panen, tambah Cak Thoriq, tetapi belum memasuki panen raya pada bulan Juni dan Juli. Tapi ada masukan mengenai para pedagang tidak banyak melakukan permintaan.

“Hal ini karena produksi menjadi beras dan uang masih menunggu perkembangan wabah ini,” paparnya.

Cak Thoriq akan terus melakukan inovasi dengan banyak mendengarkan masukan dari masyarakat dalam ketahanan pangan menghadapi wabah ini. [har/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar