Iklan Banner Sukun
Ekbis

Bupati Hendy Buka Festival Jember Kota Cerutu Indonesia

Bupati Hendy Siswanto membuka Festival Jember Kota Cerutu Indonesia di kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Jalan Sudarman, Jumat (26/11/2021)

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto membuka Festival Jember Kota Cerutu Indonesia di kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Jalan Sudarman, Jumat (26/11/2021) petang. Festival yang diprakarsai BIN Cigar, perusahaan cerutu di Jember, ini akan digelar pada 26-28 November 2021.

Acara dihadiri secara daring dan luring oleh perwakilan dari Laos, Nigeria, Peru, Ukraina, Malaysia, Hongkong, Korea Selatan, Australia, China Taipei, dan Jerman. “Malam ini kita mendeklarasikan Jember Kota Cerutu Indonesia dan akan dilakukan kontrak antara UMKM di Jember dengan mereka,” kata Bupati Hendy Siswanto kepada media massa.

Menurut Hendy, cerutu di Jember cukup terkenal. “Di belakangnya mengikuti produk-produk UMKM kita, seperti ecoprint, kopi robusta, handycraft. Saya berterima kasih kepada BIN Cigar yang telah membawa UMKM kita beriringan bersama-sama,” katanya.

Febrian Ananta Kahar, Ketua Panitia Festival JKCI mengatakan, acara tersebut untuk menguatkan posisi Jember sebagai Kota Cerutu Indonesia. “Jember dengan logo tembakau dan potensinya, sesuai keinginan Pak Presiden, harus produk jadi yang keluar dari daerah. Produk jadi tembakau adalah cerutu,” katanya.

“Tembakau potensi besar di Jember. Kalau kita jual bahan baku saja, otomatis petani tidak akan mendapatkan benefit. Harga naik turun. Kita akan jual cerutu ke negara lain, sehingga diharapkan petani akan sejahtera nantinya. Ini proses menuju ke sana,” kata Febrian.

“Kedua, kita akan menyajikan seni dalam festival ini untuk menunjukkan Jember penuh dengan keanekaragaman seni. Ketiga, potensi UMKM. Hari ini ada produk 20 UMKM yang kami sajikan di hadapan empat kedutaan dan perwakikan negara asing yang datang ke sini. Mereka akan datang melihat bagaimana Jember,” kata Febrian.

Menurut Febrian, malam ini penguatan citra Jember sebagai Kota Cerutu Indonesia dan menjual seluruh produk unggulan Jember kepada dunia luar. “Kami akan membuat representatif, perwakilan produk Jember di negara asing, dimulai dari Malaysia,” katanya.

Setelah acara gala dinner, Jumat malam (26/11/2021), akan dilakukan Cigar Trip pada Sabtu (27/11/2021) dan City Trip pada Minggu (28/11/2021). “Jadi memperkenalkan potensi Jember,” kata Febrian. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati