Ekbis

Bupati Busro Optimis Penumpang Pesawat Sumenep – Pagerungan Ramai

Pesawat Susi Air yang melayani penerbangan Sumenep - Pagerungan

Sumenep (beritajatim.com) – Bupati Sumenep, A. Busyro Karim optimis jumlah penumpang penerbangan perintis rute Sumenep – Pulau Pagerungan akan ramai.

“Prediksi saya, potensi penumpang ke Pulau Pagerungan ini bagus. Sangat-sangat bagus,” ujarnya yakin.

Pada Rabu (25/09/2019), dilakukan penerbangan perdana pesawat perintis dengan rute Sumenep – Pulau Pagerungan PP. Rute tersebut dilayani Susi Air menggunakan pesawat Cessna dengan kapasitas penumpang maksimal 10 orang.

Penerbangan dengan rute tersebut akan dilayani satu kali dalam sepekan, yakni setiap hari Rabu.

“Kalau nanti rute ini sudah menjadi rute ‘gemuk’ atau ramai penumpangnya, maka bisa jadi akan disiapkan pesawat yang lebih besar,” terang Busyro.

Karena itu, lanjutnya, ia meminta dukungan seluruh elemen masyarakat untuk ikut meramaikan penerbangan rute baru tersebut.

“Jadi mohon partisipasinya. Sekarang untuk ke Pulau Pagerungan sudah bisa naik pesawat, dan hanya butuh waktu satu jam,” ucapnya.

Menurut Busyro untuk tahun berikutnya, sudah disiapkan anggaran Rp 6 milyar terkait rencana penerbangan ke Pulau Kangean.

“Kami akan kembangkan penerbangan ke pulau-pulau lain seperti Kangean dan Masalembu,” ungkapnya.

Bandara Pagerungan di Pulau Pagerungan, Kecamatan Sapeken, Sumenep merupakan bandara yang dikelola oleh salah satu kontraktor kontrak kerja sama (K3S) migas, yakni Kangean Energy Indonesia (KEI). Selama ini, bandara tersebut hanya dipergunakan untuk kepentingan dan kelancaran operasional perusahaan tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep kemudian melayangkan surat permohonan ke Kemenkeu, SKK Migas, dan Kangean Energy Indonesia (KEI) untuk memanfaatkan Bandara Pagerungan sebagai bandara penerbangan perintis. SKK migas dan KEI sudah menyetujui permohonan tersebut. Hingga akhirnya di awal September 2019 turun SK Menteri Perhubungan tentang perubahan status Bandara Pagerungan, dari bandara khusus menjadi bandara umum. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar