Ekbis

Bupati Bojonegoro Ajak Gunakan Lahan Kosong untuk Pertanian

Bojonegoro (beritajatim.com) – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengajak para petani di Kecamatan Gondang untuk memanfaatkan lahan kosong yang belum termanfaatkan dengan baik. Salah satunya dengan menanami tanaman polowijo, sayur maupun buah-buahan.

Sehingga, Bupati berharap hasilnya bisa digunakan kebutuhan konsumsi sehari-hari dan bisa mengurangi pengeluaran membeli bahan makanan. “Marilah kita manfaatkan lahan-lahan yang kosong dengan menanam tanaman polowijo, buah-buahan, ataupun sayuran,” pintanya, Rabu (27/11/2019).

Hal itu diungkapkan Anna Mu’awanah saat melakukan sosialisasi Program Petani Mandiri di Lapangan Desa Pragelan, Kecamatan Gondang, yang dirangkai dengan acara Turun Siti (Wiwit tanam jagung) yang merupakan budaya tradisi turun temurun masyarakat jawa.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Helmi Elizabeth menyampaikan, terselenggaranya acara sosialisasi ini merupakan wujud tindak lanjut keseriusan Pemkab Bojonegoro dalam merealisasikan program prioritas yang sudah diluncurkan di Kecamatan Temayang lewat peluncuran KPM (Kartu Petani Mandiri) Juli lalu.

Pada 2019 di Kecamatan Gondang ada 51 Kelompok Tani, dan yang sudah teralokasikan untuk mendapatkan Program Petani Mandiri baru tujuh kelompok dan yang lain masih dalam progres. “Tentu terealisasi secara bertahap,” ungkapnya.

Seusai acara, Ibu Bupati Bojonegoro berkesempatan mengikuti rangkaian acara doa wiwit tanam jagung yang dilanjut tabur bijih jagung secara tradisional maupun dengan alat modern secara simbolis bersama didampingi Kepala Dispertan, dan Forkopimcam. [lus/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Ini Resep Salad Ala Timur Tengah

Menjaga Kecantikan Kulit Perempuan Saat Puasa

Coba Yuk, Snack Berlumur Saus Hummus