Ekbis

Budidaya Porang Jadi Komoditas Unggulan, Ini Harapan Wagub Jatim

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyatakan dirinya senang bahwa tata niaga porang mulai punya banyak wadah dan juga mulai diperhatikan dalam acara Audiensi dan Grand Launching Koperasi Porang Indonesia Sejahtera (KPIS) yang diadakan secara hybrid pada Selasa (22/6/2021) di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

“Kami menyambut baik segala ikhtiar untuk bisa mewadahi budidaya porang ini sebaik-baiknya dan saya senang bahwa tata niaga porang mulai diperhatikan. Kami mempunyai harapan besar kepada wadah-wadah seperti KPIS ini untuk menjaga pembudidayaan porang,” kata Emil.

 

Emil juga menjelaskan tanaman porang menjadi menarik karena bisa dibudidayakan di kawasan hutan, sedangkan di Jatim sendiri hampir 30 persennya adalah wilayah hutan. “Apabila porang ini cocok ditanam di dalam suatu naungan, ini akan memberikan keselarasan antara menjaga kawasan hutan dan juga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” ungkap Emil.

Selain itu, Wagub muda ini berharap agar tanaman porang juga bisa mempunyai ruang untuk masuk di pangsa pasar lokal. “Ibu Gubernur sangat memberikan atensi kepada porang, apalagi ini basecampnya porang ada di Jawa Timur. Saya berharap bahwa porang ini juga punya ruang di pangsa pasar lokal,” imbuhnya.

Suami arumi bachsin ini juga berharap agar wadah koperasi porang dapat memberikan kesejahteraan bagi anggotanya agar dapat mendorong peran dari anggota itu sendiri.

“Kami senang bahwa yang menjadi wadah adalah koperasi. Kami berharap ini akan menjadi model bagi koperasi yang baik dan bisa memberikan kesejahteraan bagi anggotanya, tantangan terbesar dalam koperasi selama ini adalah bagaimana mendorong peran anggota. Jadi, seyogyanya sebuah koperasi memiliki elemen pendidikan dan pengembangan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa koperasi merupakan wadah terbaik untuk ekonomi umat. “Koperasi adalah wadah terbaik untuk ekonomi umat. Semoga KPIS ini diberikan kelancaran, istiqomah meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan istiqomah meningkatkan excellent,” pungkasnya. [tok/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar