Ekbis

BPTD Wilayah XI Jatim Sosialisasi ke Perusahaan Karoseri Terkait Kendaraan Over Dimensi dan Odol

Kepala BPTD Wilayah XI Jawa Timur, Hanura Kelana terjun langsung sosialisasi terkait kendaraan over dimensi dan odol di perusahaan karoseri di Surabaya. [Foto]

Surabaya (beritajatim.com) – Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Jawa Timur melakukan sosialisasi di perusahaan karoseri di Kota Surabaya terkait kendaraan over dimensi dan over loading (odol). Diharapkan tercipta kendaraan yang berkesalamatan, sesuai spesifikasi dan lalu-lintas yang tertib dan aman.

Kepala BPTD Wilayah XI Jawa Timur, Hanura Kelana mengatakan, ada dua perusahan karoseri yang menjadi tujuan sosialisasi normalisasi kendaraan over dimensi dan pemasangan rear underrun protection BPTD Wilayah XI Jawa Timur kali ini. “Sosialisasi ini terkait kendaraan over dimensi dan odol,” ungkapnya, Senin (31/8/2020).

Kendaraan over dimensi dan odol adalah kendaraan yang memiliki dimensi dan muatan lebih. Menurutnya, dua hal tersebut tidak bisa dipisahkan. Kendaraan yang over dimensi pasti berpotensi over loading atau kelebihan muatan sehingga perusahan karoseri menjadi sasaran sosialisasi BPTD Wilayah XI Jawa Timur.

“Ada 4 strategi yang akan dilaksanakan Kementerian Perhubungan untuk menuntaskan persoalan odol ini. Pertama dengan cara preventif yaitu dengan memberikan edukasi kepada penyelenggara transportasi dan juga perusahaan karoseri. Kedua yakni penegakan hukum baik di simpul seperti unit penimbangan kendaraan maupun di jalan,” katanya.

Strategi ketiga yakni membangun terminal barang yang terintegrasi dan strategi terakhir yakni keempat memberikan insentif bagi angkutan barang. Seperti, lanjut Hanura, yang dilakukan BPTD Wilayah XI Jawa Timur dengan melaksanakan sosialiasi yakni normalisasi kendaraan over dimensi dan pemasangan rear underrun protection bersama perusahaan karoseri.

“Kegiatan ini juga terlaksana karena kesadaran pemilik maupun pengusaha angkutan dan juga hasil pengawasan serta penegakan hukum yang dilaksanakan oleh BPTD XI Jatim. Dengan kegiatan ini diharapkan akan tercipta kendaraan yang berkesalamatan dan sesuai spesifikasi serta lalu lintas yang tertib dan aman,” tegasnya. [way/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar