Ekbis

BPOM Dukung Pengembangan Obat Berbahan Alami

Surabaya (beritajatim.com) – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI berkomitmen mendukung pengembangan produk obat berbahan alami. Hal ini diungkap oleh Penny K Lukito, Kepala BPOM RI saat berkunjung ke PT Agro Mitra Alimentare yang memproduksi suplemen makanan probiotik bernama PRO EM-1

Dikatakan, BPOM akan mengawal proses uji klinik hingga register agar produk alami ini bisa bersaing dipasaran dan aman bagi masyarakat.

“Kami juga harus benar-benar mengawasi makanan dan obat berbahan apapun, mulai alam, kimia maupun tradisional. Dan yang terpenting semuanya harus terjamin dari berbagai aspek,” ucapnya.

Dirinya juga mengapresiasi PT Agro Mitra Alimentare (AMA) yang memproduksi suplemen probiotik berbahan alam dan diharapkan ke depan mampu semakin berinovasi sehingga dapat terus berkembang.

“Di Jatim banyak akademisi berkualitas, khususnya di bidang kesehatan. Dari sana bisa kerja sama untuk pengembangan produk dengan berbagai inovasi. Saya yakin PT AMA bisa melakukannya,” kata Penny.

Sementara itu, Direktur Utama PT AMA, Ge Recta Geson, menyampaikan terima kasih dan bersyukur karena BPOM sudah secara resmi meluncurkan salah satu produksinya, PRO EM-1.

PRO EM-1 merupakan suplemen (konsentrat minuman sehat probiotik) yang berisi probiotik multi-strain, menguntungkan, hidup, aktif dan selaras dengan alam.

“Suplemen probiotik ini sebenarnya diproduksi bukan khusus untuk COVID-19, tapi lebih untuk regulasi dan modulasi sistem imun. Jika respons imun berlebih maka akan dikurangi, dan jika respons terlalu lemah maka akan dinaikkan, atau sampai seimbang,” katanya.

Namun, kata dia, karena saat peluncuran awal pada Maret 2020 bersamaan dengan awal masa pandemi COVID-19 dan terbukti bisa dikonsumsi sebagai pencegahan maupun terapi maka diteruskan.[rea]





Apa Reaksi Anda?

Komentar