Ekbis

BPJS Kesehatan Malang Ganti Pelayanan Melalui Whatsapp

Kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang.

Malang(beritajatim.com) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Malang meniadakan layanan secara tatap muka untuk meminimalisir kontak langsung antara petugas dan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Pelayanan diganti dengan metode daring.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Dina Diana Permata mengatakan, sebagai gantinya, masyarakat atau peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat
(JKN-KIS) bisa memanfaatkan layanan mobil JKN ataupun pelayanan administrasi melalui Whatsapp (Pandawa).

“Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, kami mengurangi pelayanan tanpa tatap muka, dimana BPJS Kesehatan membuat inovasi pelayanan administrasi melalui Whatsapp,” kata Dina, Kamis (24/9/2020).

Dina mengatakan, dengan layanan ini, peserta yang membutuhkan layanan administrasi, cukup melakukan komunikasi lewat WA yang sudah disediakan. Nantinya, ada petugas khusus yang merespon kebutuhan peserta. Jadi peserta tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Dari rumah pun peserta kini bisa mendapat pelayanan JKN. Sebenarnya Pandawa kita buat sambil masih menunggu pengembangan Mobile JKN. Dengan Pandawa ini, semua masyarakat sudah pasti bisa mengakses, masyarakat tentunya sudah tidak asing dengan aplikasi WA,” papar Dina.

Dina mengungkapkan, saat ini semua persyaratan administrasi cukup dikirimkan petugas melalui WA. Jika ada pencetakan kartu peserta nanti juga akan dikirimkan ke alamat yang bersangkutan. Peralihan proses pelayanan ke online membuat suasana kantor tidak begitu ramai. Padahal biasanya rata-rata ada 300 warga yang mendatangi kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang.

“Layanan ini sudah berjalan sekitar 3 minggu. Saat ini sudah 100 persen peserta yang memanfaatkan pelayanan ini. Kecuali pengaduan tertentu terkadang masih ada layanan tatap muka,” tandas Dina. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar