Ekbis

Bisnis Perumahan Lesu, Intiland Tetap Lakukan Ekspansi di Tengah Pandemi

Surabaya (beritajatim.com) – PT Intiland Development Tbk memutuskan tidak akan membagikan deviden atau keuntungan usaha di tahun 2019 yang laba bersihnya mencapai Rp 251,4 miliar.

Kondisi dunia bisnis yang tak menentu dan belum adanya tanda-tanda pandemi akan berakhir membuat manajemen dalam RUPST memutuskan sebagian besar laba yakni sekitar  Rp 249,4 miliar  akan disimpan sebagai laba di tahan dan sisanya sebesar Rp 2 miliar sebagai cadangan wajib.

“Hampir semua developer menghadapi tantangan yang cukup berat, termasuk dampak dari pandemi Covid-19 . Meskipun daya beli pasar tetap ada, konsumen memilih untuk menunda pembelian atau investasi. Penjualan properti masih didominasi pasar end user, terutama di segmen menegah ke bawah,” kata Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland, Archied Noto Pradono, saat paparan publik usai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) perseroan melalui webinar.

Archied sadar betul bahwa industri properti menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Banyak konsumen dan investor properti cenderung bersikap menunggu kondisi membaik dan memilih untuk menunda dulu pembelian.

Meskipun tidak melakukan pembagian deviden bukan berarti Intiland membatalkan sejumlah ekspansinya di tahun 2020. Salah satu project baru yang akan mereka kembangkan adalah ekspansi kawasan industri di Batang, Jateng yang direncanakan akan segera dilakukan pertengahan tahun ini.

Bahkan Intiland mengklaim sudah memiliki landbank sekitar 2.000 hektare diantaranya berlokasi di Batang yang disiapkan untuk kawasan industri.

Lalu bagaimana dengan Jatim. Intiland sudah membidik bisnks kawasan industri di Ngoro Industrial Park di Mojokerto seluas 500 hektar. Sedangkan untuk Surabaya sendiri Intiland masih akan fokus menuntaskan proyek pembangunan Perumahan Graha Natura.

“Mempertimbangkan situasi dan kondisi yang terjadi saat ini, kami akan cenderung menempuh langkah konservatif dalam memutuskan setiap pengembangan proyek baru.” tandas Archied.[rea/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar