Iklan Banner Sukun
Ekbis

Bisnis Berbasis Digital, Ceruk Ekonomi di Tengah Pandemi

Pejabat Pemkab Jombang menyimak sambutan Menkominfo Johnny G. Plate

Jombang (beritajatim.com) – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggelar upacara Harkitnas (Hari Kebngkitan Nasional) secara virtual, Kamis (20/5/2021). Acara itu juga disiarkan secara streaming dengan tema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”.

Dalam sambutannya Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, Bangsa Indonesia harus tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sudah melanda secara global lebih dari setahun ini.

Nah, salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan, menurut Johnny G. Plate, adalah ekonomi digital. Di tengah pandemi, bisnis dagang berbasis digital ini bahkan diproyeksi tumbuh 33,2 persen dari 2020 yang mencapai Rp253 triliun menjadi Rp337 triliun pada 2021.


Peningkatan jumlah transaksi lewat e-commerce juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah dalam mendorong akseptasi digital kepada masyarakat, serta terus mengakselerasi perkembangan fintech dan digital banking.

“Pandemi Covid-19 berhasil memaksa kita untuk mengubah kebiasaan kebiasaan kita secara drastis, seperti interaksi fisik atau tatap muka di dunia nyata yang berpindah ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi telekomunikasi,” ujarnya.

“Dengan adanya kondisi ini, Indonesia bahkan di seluruh dunia, tanpa sadar, melakukan perubahan atau pemanfaatan teknologi digital untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan dari non-digital menjadi digital,” pungkasnya.

Upacara virtual tersebut diikuti Pemkab/Pemkot se-Indonesia, tidak terkecuali Kabupaten Jombang. Di kabupaten seribu pesantren ini upacara Harkitnas ke-113 secara virtual digelar di ruang Media Center Kantor Pemkab setempat.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Forkopimda dan para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkup Pemkab Jombang mengikuti agenda tersebut dengan berseragam batik. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar