Ekbis

Bikin Pameran Karya Kreatif, Cara BI Malang Dongkrak Perekonomian

Pameran Karya Kreatif Indonesia di Hotel Tugu, Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang membuat Pameran Karya Kreatif Indonesia di Hotel Tugu, Kota Malang, Jumat (20/11/2020). Kegiatan ini dilakukan untuk mendongkrak perekonomian daerah. Terutama bagi pelaku, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Malang.

Kepala KPwBI Malang, Azka Subhan mengungkapkan ada tiga kunci menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM, pertama adalah kreativitas, kedua digitalisasi, dan ketiga sinergi. Tiga kunci ini lah menjadi kekuatan baru perekonomian di era digital.

“Pertama, kreativitas dengan meningkatkan nilai tambah produk UMKM. Kedua, digitalisasi melalui inisiasi UMKM Go Digital dan integrasi ekonomi keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan andal. Ketiga, sinergi kebijakan nasional pusat dan daerah dengan memprioritaskan sektor-sektor, memperkuat model bisnis yang terintegrasi, dan secara end to end mendorong kemajuan UMKM,” papar Azka, Jumat, (20/11/2020).

Pameran karya Kreatif Indonesia ini dilakukan BI sejak 2016 silam. Tujuannya adalah melakukaan pembinaan untuk UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh Indonesia. Mereka didorong terus melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar dan berorientasi ekspor.

“Serta, mengajak para pelaku UMKM untuk memanfaatkan platform digital, agar dapat menembus pasar internasional. Tahun ini, penyelenggaraan KKI 2020 berbeda dari tahun sebelumnya, yakni dilakukan dengan konsep virtual dan berseri,” ucap Azka.

Seri I sinergi untuk UMKM Ekspor yang digelar pada 28 hingga 30 Agustus 2020 yang diikuti oleh 377 UMKM binaan Bank Indonesia. Seri II sinergi untuk UMKM Digital yang diselenggarakan pada bulan Oktober dan seri III Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial yang dilakukan tanggal 20 hingga 22 November 2020 di Hotel Tugu Malang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Dalam mendukung penyelenggaraan KKI seri III tahun 2020, KPwBI Malang turut menyelenggarakan kegiatan pameran KKI melalui display produk. Beberapa produk yang diunggulkan dalam pameran ini antara lain berbagai macam kain dan fashion batik, kopi, serta makanan olahan yang berasal dari 14 UMKM mitra KPwBI Malang,” tutur Azka.

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi pameran KKI 2020 secara virtual bisa melalui laman www.karyakreatifindonesia.co.id. Di website ini mereka bisa melihat produk UMKM binaan, BI juga menyediakan menu katalog pada website KKI. Dia berharap, kegiatan tersebut bisa membantu UMKM untuk memperluas akses pasar domestik maupun ekspor dalam kondisi pandemi Covid-19.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, saat ini untuk membangkitkan perekonomian Indonesia yang sedang lesu. Pemerintah sedang fokus mendorong pemasaran produk UMKM. “Tidak ada alasan pemerintah tidak beli produk UMKM, eksistensi BI dalam menjaga perekonomian Malang. Saya menjadi saksi bagaimana upaya dan usaha BI selama ini turun langsung memberikan pendampingan dengan OJK,” tandas Sutiaji. [luc/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar