Ekbis

BI Siapkan Rp 3,092 T untuk Kebutuhan Lima Kabupaten

Pimpinan Kantor BI Jember Hestu Wibowo [foto: istimewa]

Jember (beritajatim.com) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Jawa Timur, menyiapkan Rp 3,092 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan lebaran di lima kabupaten.

Alokasi terbesar untuk Jember, yakni 76,47 persen. Sisanya untuk Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, dan Situbondo. “Berdasarkan proyeksi dari perbankan, kebutuhan uang rupiah pada Ramadan dan Idul Fitri tahun ini mengalami peningkatan sebesar 54,65 persen dibandingkan realisasi Rp 1,959 triliun pada 2020,” kata Pimpinan Kantor BI Jember Hestu Wibowo, Jumat (16/4/2021).

Hestu meminta masyarakat tak khawatir. “Kami menyiapkan dana yang cukup, bahkan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember akan selalu berkoordinasi dengan perbankan dan penyelenggara jasa pengolahan uang rupiah (PJPUR) untuk memastikan dan menjamin tersedianya uang rupiah yang layak edar bagi masyarakat.

Namun, BI Jember tidak akan membuka penukaran uang. “Tahun ini kami sudah berkoordinasi dan bekerjasama dengan beberapa pihak, terutama perbankan, untuk melayani masyarakat yang membutuhkan penukaran uang. Masyarakat bisa datang ke kantor-kantor bank untuk melakukan penukaran,” kata Hestu.

BI Jember menyerahkan kebijakan penukaran uang itu kepada masing-masing bank. “Kami sudah mengimbau perbankan agar tak hanya melayani nasabahnya, tapi juga masyarakat umum untuk menukarkan uang,” kata Hestu. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar