Ekbis

BI Jember Siapkan Kebutuhan Uang Rp 4,6 T

Jember (beritajatim.com) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Jawa Timur, menyiapkan kebutuhan uang kartal untuk lima kabupaten sebesar Rp 4,633 triliun. Ini sesuai proyeksi kebutuhan perbankan tahun ini.

Pemimpin Kantor BI Jember Hestu Wibowo mengatakan, angka ini lebih kecil dari proyeksi tahun sebelumnya yang mencapai Rp 6,06 triliun. “Tapi kalau melihat tahun-tahun sebelumnya, biasanya serapan dari proyeksi tersebut kurang dari 50 persen. Dari proyeksi sekitar Rp 6 triliun, terealisasi hanya sekitar Rp 2,9 triliun,” katanya, Selasa (28/4/2020).

Hestu memperkirakan tahun ini realisasi dari proyeksi kebutuhan uang tersebut sekitar 50 persen. “Namun, kami tetap menyiapkan kebutuhan sebesar Rp 4,6 triliun tersebut,” katanya.

Hestu memperkirakan dalam suasana pandemi Covid-19 akan terjadi penurunan realisasi kebutuhan uang, karena banyak faktor penyesuaian. Faktor-faktor kebijakan seperti penjarakan sosial dan bekerja di rumah mempengaruhi kebutuhan uang kartal pada masyarakat. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar