Ekbis

BI Jember Gelar Simulasi Penjinakan Bom

Simulasi Bom BI Jember

Jember (beritajatim.com) – Simulasi penanganan kondisi darurat digelar di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jember, Jawa Timur, Rabu (19/2/2020). Simulasi terfokus pada penjinakan bom.

“Kegiatan simulasi ini program rutin BI dalam rangka mengelola risiko, khususnya dalam rangka mitigasi terjadinya kondisi darurat. Kondisi darurat bisa disebabkan bencana alam, gempa bumi, kebakaran, atau ditemukan barang-barang yang dicurigai sebagai bahan peledak,” kata Pemimpin Kantor BI Jember Hestu Wibowo.

Skenario simulasi kali ini, menurut Hestu, barang yang diduga bahan peledak ditemukan salah satu petugas kebersihan di areal loket kantor. “Kemudian dilaporkan pam piket dan langsung dilaporkan. Sambil menunggu kedatangan brimob, satpam mengevakuasi seluruh pegawai,” katanya.

Seluruh pegawai dievakuasi ke titik aman. Sementara itu tim brimob menjinakkan bom. “Simulasi ini secara rutin akan dilakukan dalam rangka memberikan pelatihan dan pembiasaan kepada pegawai kalau terjadi kondisi darurat,” kata Hestu.

Sementara itu, Wakil Komandan Kompi III Batalion B Pelopor Satuan Brimob Polda Jatim Inspektur Satu Agus Hari Widodo mengatakan, ini simulasi kedua yang dilakukan bersama BI. “Simulasi menggunakan semacam asap saja. Ini kategori low, tapi low ini semacam mercon, black powder,” katanya. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar