Ekbis

Bi Imah Bantu Warga Kota Kediri Belanja di Tengah Pandemi Covid-19

Kediri (beritajatim.com) – Pemkot Kediri meluncurkan Program Bi Imah (Belanja Online dari Rumah) sejak awal April 2020. Bi Imah akan membantu belanja di pasar tradisional serta pasar swalayan dan akan mengantarkan langsung ke pelanggan. Sejauh ini, tanggapannya cukup bagus.

“Secara all layanannya bagus, kok. Cuman kalau boleh kasih masukan, pas hari Sabtu Minggu tetap bisa dilayani,” kata Titi, pelanggan di Kelurahan Banjaran, Kecamatan Kota. Titi merupakan salah satu dari pelanggan yang sudah belanja beberapa kali di Bi Imah.

Sama halnya dengan Vina di Mojoroto. Ia mengatakan bahwa belanja lebih praktis, tidak perlu keluar rumah. “Kesediaannya barang juga lengkap. Kalau ada yang habis atau tidak ada, biasanya dikonfirmasi dulu,” kata Vina. Ia menyarankan kalau ingin belanja via Bi Imah, harus detail agar tidak salah variannya. Vina perempuan bekerja yang tak punya ART sehingga layanan Bi Imah sangat membantu. Apalagi imbauan pemerintah untuk tinggal di rumah.

Pelanggan lain yang merasa terbantu yaitu Donna yang tinggal di Mojoroto. Ia mengatakan bahwa belanja di Bi Imah praktis. Tinggal chat di list order, maka barang belanjaan akan sampai, bahkan bila sedang sepi order, sebelum pukul 12.00 WIB sudah sampai. “Saya lagi hamil besar, jadi sangat membantu. Harganya pun tidak dinaikin dan notanya jelas,” kata Donna.

Muhamad Ihwan Yusuf, Dirut Perumda Pasar Joyoboyo mengatakan bahwa layanan Bi Imah sebenarnya disambut antusias. Hanya mungkin belum banyak yang tahu sehingga belum banyak yang memesan.

“Pelanggannya relatif tetap, pelanggan kisaran 7 orang/hari sampai 10 orang/hari. Rata-rata orang lebih nyaman ke pasar sendiri karena bisa memilih dan menawar barang,” kata Ihwan.

Bila dihitung jumlah order, minggu pertama sebanyak 27 order, minggu ke-2 sebanyak 24 order, dan minggu ke-3 sebanyak 17 order. Barang yang paling banyak dipesan dipesan antara lain sayur, minyak, dan lauk-pauk (tahu, tempe, ayam, daging).

Pemkot Kediri akan terus mensosialisasikan layanan ini untuk memfasilitasi warga yang harus tinggal di rumah agar penyebaran Virus Corona segera bisa dihentikan. [nm/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar