Iklan Banner Sukun
Ekbis

Beternak Sapi Perah, Tingkatkan Ekonomi Warga di Kawasan Ponorogo Timur

Sejumlah sapi perah yang diternak oleh warga(foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kabupaten Ponorogo selain terkenal akan seni budaya Reyog Ponorogo, juga masyhur akan hasil susu dari peternakan sapi perahnya. Ada dua kecamatan di timur Ponorogo yang berkontribusi sebagai penghasil susu sapi, yakni Kecamatan Pulung dan Kecamatan Pudak. Sudah lama dua kecamatan menjadi sentra peternakan sapi perah.

Masyarakat di dua kecamatan tersebut sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani. Namun, mereka tak lantas hanya bercocok tanam saja. Sebagian besar juga memelihara sapi perah. Bahkan hasil produksi susu diklaim mempunyai kualitas super.

Hal itu dibuktikan dengan beberapa produsen susu tingkat nasional mengambil bahan baku dari Ponorogo. “Masyarakat di sini, selain bertani juga beternak sapi perah. Ada yang skala kecil, ada juga yang sudah skala besar,” kata Budi, salah satu peternak sapi perah asal Kecamatan Pulung, Selasa (1/2/2022).

Data Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispertahankan) Ponorogo, peternakan sapi perah yang ada di Kecamatan Pulung dan Kecamatan Pudah itu, bisa menghasilkan 7.387.258 liter susu segar per tahunnya. Untuk pemasarannya pun warga tidak mengalami kesulitan, sebab banyak produsen susu terkenal yang rutin ke dua Kecamatan itu untuk membeli susu sapu milik warga. “Alhamdulillah, pemasaran lancar, ada produsen susu terkenal yang rutin mengambil susu sapi hasil ternak warga,” katanya.

Budi menyebut, selain beternak sapi untuk diperah susunya, juga ada peternak yang khsusus untuk pembibitan. Sehingga kebutuhan akan sapi perah bisa dipenuhi sendiri oleh masyarakat. “Kita juga tidak kehabisan bibit sapi yang kelak bakal di perah susunya. Sebab, juga ada peternak yang khusus untuk pembibitan sapi perah,” ungkapnya.

Pesatnya peternakan sapi perah di Kecamatan Pulung dan Kecamatan Pudak ini, tentu berdampak pada ekonomi masyarakatnya. Ke depan, Budi ingin ada peran dari pemerintah dalam mendampingi para peternak. Sehingga kelak peternakan sapi perah di Ponorogo bisa terus berkembang. “Kami ingin pemerintah mendampingi, supaya peternakan sapi perah ini lebih maju,” pungkasnya. [end/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar