Ekbis

Beri Pendampingan Usaha, Kadin Kabupaten Kediri Gerilya Pelaku UMKM

Ketua Kadin Kabupaten Kediri, Hj Yekti Murih Wiyati (kiri)

Kediri (beritajatim.com) – Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Kediri mengunjungi sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kediri. Kunjungan ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Kadin terhadap pelaku UMKM agar usaha mereka lebih meningkat disaat pandemi.

Ketua Kadin Kabupaten Kediri, Hj Yekti Murih Wiyati mengatakan, kunjungan tersebut dibungkus dalam Program Gerilya UMKM. Dimana, Kadin melihat secara langsung kondisi real para pelaku UMKM di lapangan, untuk selanjutnya diberi pendampingan.

“Ini memang tugas dari Kadin untuk membantu para pelaku usaha. Dari pelaku usaha kecil bisa menjadi menengah, yang menengah menjadi besar dan yang sudah besar akan semakin eksis dan go internasional,” ucapnya, Sabtu (8/5/2021).

Yekti menambahkan, jaringan di Kadin tidak hanya untuk pemasaran produk saja, namun juga kerjasama antar wilayah cukup terjalin kuat.

“Sejumlah pengurus di Kadin merupakan ketua asosiasi. Sehingga secara tidak langsung akan membina para anggotanya. namun demikian Kadin tetap melakukan gerilya di masing-masing kecamatan untuk mengumpulkan para pelaku UMKM agar mereka bisa semakin eksis,” jelasnya.

Rencananya, untuk program Kadin peduli UMKM ini masing-masing kecamatan diambil 5 UMKM yang akan di data dan dikumpulkan untuk mendapatkan pembinaan.

“Ternyata di masa pandemi ini, banyak sekali usaha-usaha yang bermunculan. Ini yang menjadi sasaran kita. Apa saja yang mereka perlukan, dan seperti apa nanti kelanjutannya,” papar Yekti.

Sementara itu, satu diantara pelaku usaha kerajinan barongan di Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Mahmud menyebut, sejak pandemi usaha kerajinan barongannya turun drastis. Saat ini dia hanya mampu untuk bertahan saja.

“Sejak pandemi tahun lalu, omset kerajinan jaranan ini turun hingga 80 persen. Saat ini kami cuma berusaha untuk bertahan saja. Pemasaran juga dilakukan secara online, namun tidak sebanyak tahun-tahun sebelum pandemi.

Mahmud berharap, dengan program dari Kadin ini bisa kembali meningkatkan usahanya. Sehingga omset miliknya bisa kembali meningkat dan perekonomian bisa kembali pulih. [nm/ted].



Apa Reaksi Anda?

Komentar