Ekbis

Benarkah Harga Tiket Pesawat Bandung-Medan Rp 21 Juta? Ini Faktanya

foto: pesawat Lion air

Beberapa hari belakangan ini netizen dihebohkan dengan postingan di media sosial yang menyebutkan harga tiket pesawat rute Bandung – Medan mencapai Rp 21 juta. Apakah tiket pesawat memang semahal ini?

Adalah pengguna Facebook yang bernama Agung B’cek yang memposting mengenai mahalnya tiket pesawat Bandung-Medan. Dalam postingannya itu, dia juga menyertakan screenshoot harga yang terpampang sebesar Rp 21.920.800 dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

“Edann harga tiket pesawat skr…!! Mending umroh klo harga segtu. Cebong ga boleh protes…Nikmati aja…krn hasil nya buat bayar utang negara.. Krn ini yang kalian banggakan,” demikian tulis Agung.

Bukan cuma Agung saja yang memposting hal tersebut, berbagai akun media sosial juga memaparkan narasi yang sama: tiket pesawat super mahal. Padahal jika diperiksa dengan seksama dari screenshoot yang diunggah, terlihat keterangan “2 transits (DPS, CGK)” yang berarti pesawat akan mampir ke Denpasar dan Cengkarang sebelum akhirnya menuju ke Kualanamu, Medan.

Berdasarkan penelurusan Jokowi App di aplikasi Traveloka, harga tiket pesawat untuk keberangkatan Selasa (4/6/2019) berada di kisaran Rp 1 jutaan dengan keberangkatan dan tujuan Bandung – Medan. Sedangkan untuk tanggal-tanggal sebelumnya tiket tersedia karena habis.

Muter-muter

Menanggapi kehebohan tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin Istiartono meminta masyarakat untuk berhati-hati dengan kabar miring mengenai harga tiket pesawat. Menurutnya, tiket seharga Rp 21 juta bukan penerbangan langsung, namun transit di berbagai kota.

“Itu kan namanya muter-muter piknik, hati-hati aja. Dicek betul kalau itu enggak layak jangan dibeli,” tegasnya, seperti dikutip dari Kompas, Kamis (30/5/2019).

Hal yang sama juga dikemukakan VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosani. Dia menyebut tiket yang dihebohkan netizen tersebut bukan penerbangan langung.

“Penerbangan itu melibatkan banyak transit, yaitu Bandung – Denpasar – Jakarta – Kualanamu dan memutar jauh, sehingga harganya mahal,” jelasnya.

Selain itu, Ikhsan juga mengungkapkan bahwa Garuda Indonesia tidak memiliki rute langsung Bandung – Medan. Sementara rute yang disediakan untuk penerbangan ke Medan adalah dengan keberangkatan dari Jakarta.

“Harga tiket Jakarta – Medan yang kami juga sebesar Rp 2,1 juta sesuai dengan tarif batas atas yang ditetapkan pemerintah,” tegasnya. (ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar