Ekbis

Begini Prosesi Peringatan Hari Jadi Lanudal Juanda

Sidoarjo (beritajatim.com) – Memperingati jadi Lanudal Juanda yang ke 55, Komandan Lanudal Juanda, Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana memimpin acara tradisi mengheningkan cipta dan tabur bunga di landasan pacu Bandar Udara Juanda, Senin (12/8/2019).

Kegiatan itu dilaksanakan untuk mengenang kembali jasa-jasa para pendahulu yang telah membangun pangkalan udara Juanda sebagai corong pertahanan di wilayah Jawa Timur.

Kata Dan Lanudal Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana, momen hari jadi kali ini diabadikan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena untuk mengenang bagaimana beratnya perjuangan para pendahulu untuk membangun pangkalan dan landasan TNI AL atas perintah langsung dari Presiden RI Soekarno.

“Sehingga kita mengenang dan mengembalikan marwah pangkalan dan landasan pacu Bandara Juanda bagian dari Pangkalan militer TNI-AL (Lanudal Juanda),” katanya.

Alisyahbana menjelaskan, tepat hari ini, 55 tahun Lanudal Juanda termasuk landasan pacu diresmikan oleh presiden Soekarno pada tahun 1944 untuk kepentingan pesawat-pesawat TNI-AL dalam operasi militer perebutan kembali Irian Barat.

“Dan itu jauh sebelum adanya Bandara Juanda. Jadi saat itu hanya ada Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Juanda,” ungkap Alisyahbana menambahkan.

Setelah acara tabur bunga, ibu-ibu Jalasenastri Cabang 3 Puspenerbal membagikan brosur tentang sejarah Lanudal Juanda di terminal 1 dan terminal 2 Bandara Internasional Juanda kepada para penumpang yang akan berangkat ataupun yang baru datang.

Tujuan pembagian brosur tersebut untuk mensosialisasikan dan memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda merupakan ‘enclave civil’ atau Pangkalan militer yang juga di pergunakan untuk kepentingan sipil, yakni Bandara Internasional Juanda. [isa/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar