Iklan Banner Sukun
Ekbis

Begini Ciri-ciri Ternak Terserang PMK

Petugas Kesehatan hewan Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi saat melakukan pelayanan di Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri, Banyuwangi. (rin/dok)

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi drh. Nanang Sugiarto menjelaskan pihaknya memberikan edukasi tentang tanda klinis penyakit penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Khususnya mengenai ciri-ciri, gejala maupun tanda-tanda dini ternak terserang PMK.

Di antaranya demam tinggi (39-41 derajat celcius), keluar lendir berlebihan dari mulut dan berbusa, luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah, tidak mau makan, kaki pincang, luka pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku, sulit berdiri, gemetar, napas cepat, produksi susu turun drastis dan menjadi kurus.

“Jika melihat tanda-tanda ini, maka bisa dipastikan ternak terserang PMK. Tapi, sejauh ini di Banyuwangi belum ada. Maka dari itu kita sejak dini telah melakukan antisipasi dan pencegahan,” kata drh. Nanang Sugiarto, Selasa (10/5/2022).

Nanang menambahkan, pemkab juga membuka layanan kesehatan hewan di daerah-daerah rawan, perbatasan, dan pasar hewan.

“Kita lakukan pemeriksaan, jika ada ternak yang sakit (meski tidak mengarah ke PMK) akan diberikan vitamin dan mineral untuk meningkatkan status kesehatannya,” ujar drh. Nanang.

“Jika ditemukan ternak dengan gejala seperti ini, agar dipisahkan dengan yang lain. Tetap di kandang dan segera laporkan kepada petugas agar segera ditangani,” ujar Nanang.

Untuk mencegah penularan PMK, warga juga diimbau untuk tidak memasukkan ternak baru ke dalam kandang. “Pisahkan dahulu beberapa waktu, jika memang tidak ada gejala mengarah ke PMK baru boleh dicampur dengan yang lain,” ujarnya.

Selain langkah-langkah tersebut, pemkab juga telah berkoordinasi dengan pihak PDHI cabang Jawa Timur 4, Perhimpunan Paramedik Veteriner Indonesia Banyuwangi, FKH Unair Banyuwangi, pemerintah pusat dan provinsi terkait pencegahan dan penyebaran PMK. (rin/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar