Iklan Banner Sukun
Ekbis

Begini Antusiasme Masyarakat Masuk Gudang Garam Magetan

Perangkat desa Jonggrang, Barat, Magetan saat menunjukkan blangko formulir pendaftaran untuk melamar kerja di PT Trimitra Karya Sejati.

Magetan (beritajatim.com) – Formulir pendaftaran rekrutmen PT Trimitra Karya Sejati sudah disebar ke 63 desa dan kelurahan di lima kecamatan di Magetan.

Perusahaan mitra PT Gudang Garam Tbk itu kini memprioritaskan pelamar dari wilayah Kecamatan Karangrejo, Barat, Karas, Kartoharjo, dan Maospati.

Pabrik yang terletak di Jalan Nasional Ngawi Maospati no 20 Desa Prampelan, Karangrejo, Magetan, Jawa Timur itu membuka lowongan untuk 1.500 karyawan bagian operator produksi.

Desa Maron, Kecamatan Karangrejo jadi salah satu desa di wilayah ring satu perusahaan yang bakal memproduksi sigaret kretek tangan (SKT) itu. Didik Agus Wahyudi Kepala Desa Maron membenarkan jika sudah ada beberapa warganya yang sudah mengisi formulir dan mulai melengkapi persyaratan.

Dia menyebut, meski letaknya berdekatan dengan lokasi pabrik, jumlah calon pelamar yang mengambil formulir di kantor desa tidak sebanyak yang dia kira.

”Kira – kira hanya sebelas orang. Banyak yang menanyakan dan ada juga yang langsung mengisi formulir dan dipandu perangkat desa. Yang sudah lengkap langsung kami serahkan pihak pabrik yang langsung datang ke kantor desa kami,” katanya pada beritajatim.com, Kamis (19/5/2022)

Tak hanya di Maron, Desa Jonggrang, Kecamatan Barat, jadi salah satu desa yang menjadi ring satu dan berjarak 500 meter dari pabrik juga dititipi formulir. Kades Jonggrang Warsito mengungkapkan kalau ada beberapa warga yang sudah mengambil formulir. Saat ini belum banyak yang langsung dikembalikan ke kantor desa. Mayoritas warga masih mengurus kartu angkatan kerja atau kartu kuning yang juga dipersyaratkan dalam lamaran kerja.

”Yang formulir kami bawa dari perusahaan ada 25 lembar. Kami gandakan jika nanti ada lebih dari 25 warga yang meminta formulir ke kantor desa. Banyak yang masih cari kelengkapan utamanya kartu AK 1,” kata Warsito.

Dia mengungkapkan banyak warganya yang antusias. Namun, banyak pula yang tak memenuhi syarat usia karena usia yang dipersyaratkan yakni mulai 18-25 tahun. Untuk usia 26-30 tahun, harus sudah memiliki pengalaman kerja sebagai karyawan di pabrik yang memproduksi sigaret kretek tangan.

Untuk diketahui, PT Trimitra Karya Sejati mitra PT Gudang Garam Tbk yang ada di Magetan mulai membuka lowongan kerja untuk tenaga produksi. Total 1.500 orang dibutuhkan untuk bagian produksi sigaret kretek tangan (SKT). Total ada lima kecamatan yang diprioritaskan untuk.menjaring tenaga kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Magetan Gatot Sapto Priyono mengungkapkan kalau pihaknya sudah menghadiri undangan sosialisasi bersama lima camat yakni Camat Karangrejo, Barat, Karas, Kartoharjo, dan Maospati. Masing-masing camat didampingi tiga kepala desa. Dalam.sosialisasi tersebut membahas teknik rekrutmen.

Total untuk masing-masing kecamatan mendapatkan 400 formulir. Formulir tersebut disebar ke kantor desa dan kelurahan dan tak terbatas untuk calon pelamar. Formulir itu diisi dan kemudian dilengkapi persyaratan berikut yang paling utama adalah kartu angkatan kerja atau kartu kuning yang dikeluarkan secara resmi dari Dinas Tenaga Kerja. (fiq/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar