Ekbis

BCA Serahkan Uang Rp 4,59 Miliar untuk Beasiswa

Surabaya (beritajatim.com) – Konsistensi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam mendukung dunia pendidikan Indonesia terus dilakukan. Hal ini diimplementasikan BCA dengan menyerahkan beasiswa kepada 16 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dengan nilai total 4,95 miliar. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (Unair) menjadi dua di antara perguruan tinggi penerima beasiswa Bakti BCA.

Beasiswa Bakti BCA senilai masing – masing Rp 250 juta diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Wilayah III BCA Frengky Chandra Kusuma kepada Direktur Kemahasiswaan Universitas Airlangga M Hadi Shubhan dan Direktur Kemahasiswaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Darmaji di BCA Kantor Cabang Utama Darmo, Surabaya, Jumat (8/2/2019).

Frengky mengatakan, memotivasi mahasiswa untuk berprestasi adalah salah satu upaya BCA dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Beasiswa Bakti BCA dikembangkan sejak tahun 1999 dan ditujukan bagi mahasiswa Strata Satu (S1) yang berprestasi namun memiliki kendala finansial. Diharapkan beasiswa yang diterima para mahasiswa, termasuk mahasiswa ITS dan UNAIR ini dapat meningkatkan prestasi demi prestasi, tak hanya di kancah nasional, mahasiswa mampu meraih prestasi di kancah mancanegara.

Pada tahun 2018, BCA memberikan beasiswa senilai Rp 4,95 Miliar kepada 629 mahasiswa di 16 PTN. Dukungan yang diberikan tidak hanya berhenti pada dukungan materiil, melainkan BCA juga secara aktif  melengkapi mahasiwa dengan kemampuan soft skill yang dibutuhkan saat menempuh jenjang perguruan tinggi dan persiapan memasuki kerja.

“Persaingan anak muda saat ini kian ketat sehingga dibutuhkan motivasi yang lebih besar untuk mahasiswa agar mampu makin berprestasi di bidangnya. BCA meyakini bahwa mengasah kemampuan di bidang pendidikan tak ada habisnya. Oleh sebab itu, melalui program Bakti BCA yang diprakarsai oleh CSR BCA dapat turut memberikan insight kepada mahasiswa untuk terus berprestasi,” akunya.

Beasiswa Bakti BCA sudah memasuki tahun ke 20 dan terus mengevaluasi dana yang diberikan. Tercatat pada tahun 2014 dana dialokasikan untuk program Beasiswa Bakti BCA senilai Rp3,8 Miliar dan diserahkan kepada 16 perguruan tinggi negeri. Jumlah tersebut meningkat menjadi Rp4,1 Miliar pada tahun 2015, Rp4,25 Miliar pada tahun 2016 dan kembali ditingkatkan menjadi Rp4,45 Miliar di tahun 2017. Adapun jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa pada periode tahun ajaran 2014/2015 adalah sebanyak 481 mahasiswa, 554 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2015/2016, 587 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2016/2017, 636 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2017/2018, 629 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2018/2019.

“Untuk memajukan kualitas pendidikan, BCA tak hanya memberikan dana beasiswa saja. Kami juga berkomitmen untuk memberikan dan meningkatkan pengetahuan soft skill mahasiswa melalui proses mentoring bersama pemimpin BCA, kesempatan berkunjung pada kantor cabang BCA untuk melihat kegiatan staff bank dan transaksi perbankan, kesempatan mengikuti pelatihan kepemimpinan yang bertujuan membantu mahasiswa mencapai performa terbaik mereka , kesempatan mengerjakan project pembinaan desa dan komunitas binaan BCA agar tumbuh maju berkembang dengan temuan inovasi – inovasi yang sesuai dengan potensi desa dan komunitas serta kesempatan pembinaan bagi mahasiswa penerima beasiswa yang tertarik didalam dunia wirausaha. Kami berharap, kegiatan peningkatan kapasistas mahasiswa penerima beasiswa diatas dapat menjadi bekal yang cukup untuk menghadapi dunia kerja,” tutup Frengky. [rea/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar