Ekbis

Banyak Pilihan Hewan Kurban di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Pedagang hewan kurban mulai muncul menjelang hari raya Idul Adha 1440 H. Mereka menempati tanah lapang maupun lahan kosong di sejumlah titik di sepanjang jalanan Kota Banyuwangi.

Misalnya, di Jalan Brawijaya, Jalan nasionla di Rogojampi, maupun di Jalan Kepiting yang berada di tengah kota Banyuwangi. Kondisi ini, menambah alternatif sekaligus mempermudah warga memilih hewan kurban.

Bangunan semi permanen hingga bangunan sederhana yang terbuat dari bambu mulai berdiri. Mereka biasanya akan menempati lapak itu hingga pelaksanaan Idul Adha, bahkan sampai hari tasrik.

“Saya sudah mulai berjualan seminggu ini. Memang dipersiapkan lebih awal karena agar warga tahu dan memberi waktu warga agar dapat mempersiapkan untuk memilih hewan kurban yang diinginkan,” kata Sapuan, salah seorang pedagang kambing kurban di Jl. Brawijaya, Jumat (2/8/2019).

“Kalau lebih awal pilihannya kan banyak, meskipun biasanya warga banyak membeli hewan kurban mendekati hari raya,” imbuhnya.

Akan tetapi, kata Sapuan, meski masih 10 hari menjelang Idul Adha sudah banyak yang membeli. “Alhamdulillah, sudah seminggu di sini terjual 20 ekor,” katanya.

Menurut Sapuan, dirinya harus mempersiapkan stok kambing lebih banyak. “Ya kalau dibandingkan tahun lalu, stok kali ini jauh lebih banyak. Karena kan waktu dagang kita panjang. Sekarang, udah banyak yang laku,” ujarnya.

Untuk harga kambing, kata Sapuan, musim ini meningkat dari tahun lalu. Harga mulai Rp 2 juta hingga 5 juta, tergantung ukuran kambing. “Harga tiap tahun meningkat, kalau tahun lalu paling murah itu Rp 1,8 juta dan paling mahal Rp 4,5 juta,” ungkapnya.

Bagi warga yang ingin mendapatkan hewan kurban tak perlu khawatir. Karena, pihaknya juga menjamin hewan yang dijual benar-benar sehat. “Sebelum kami bawa kesini, hewan sudah diperiksa oleh petugas kesehatan,” kata Selamet pedagang kambing lainnya.

Selain di pinggir jalan, ada pula stok kambing yang dijual di pasar hewan. Ada 3 pasar hewan besar di Banyuwangi, di antaranya Pasar hewan Rogojampi, Glenmore dan Pasar hewan Wongsorejo. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar