Ekbis

Bangunan Bandara Jember Rusak Kena Puting Beliung

Jember (beritajatim.com) – Bangunan Bandara Notohadinegoro, Kabupaten Jember, Jawa Timur rusak karena diterjang angin puting beliung. Namun tak mengganggu penerbangan.

Kerusakan terjadi pada Sabtu (16/2/2019) petang. “Kerusakannya paling dominan di fasilitas penunjang penerbangan seperti ruang tunggu, pagar, atap, plafon, jalan akses menuju bandara karena tiang listrik dan pohon-pohon roboh,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Edi Purnomo, Senin (18/2/2019).

“Paling parah di drop zone, tempat penurunan penumpang. Plafonnya hilang semua. Kemudian di lobi ada plafon di tiga empat titik yang jebol. Kemudian di ruang tunggu kalau tidak salah ada satu atau dua titik (plafon jebol). (Kerusakan) ruang check in tidak ada,” kata Edi.

Setelah badai reda, petugas bandara langsung melakukan sejumlah perbaikan. “Ada beberapa kerusakan kayak antena, atap banyak yang hilang sehingga jaringan listrik terkena air hujan dan banyak terganggu. Tapi Minggu dini hari sekitar jam satu sudah kami bereskan, sehingga kemarin pagi penerbangan bisa dilayani,” kata Edi.

“Kemarin siang kami tambal sulam menggunakan cadangan atap yang ada. Walau belum 100 persen, tapi untuk penumpang dalam gedung insya Allah tak akan basah. Kalau plafon masih lepas karena menggunakan besi. Kami tidak bisa mengatasi. Nanti Dinas Perhubungan ambil langkah,” tambahnya.

Edi belum bisa mengestimasi nominal kerugian. Dia masih berkonsentrasi menormalkan operasional bandara kemarin. “Jadi untuk inventarisasi mungkin pemerintah daerah sendiri yang mendata,” katanya.

Hari ini, menurut Edi, kondisi relatif normal. “Tidak ada yang cukup mengganggu. Kemarin siang pohon-pohon tumbang sudah kami rapikan bersama BPBD. Mungkin hanya di listrik (masih diperbaiki Perusahaan Listrik Negara dan bandara menggunakan genset),” pungkasnya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar