Ekbis

Bagaimana Merek dari Sudut Pandang Hukum dan Bisnis?

Paulus Sulastri, S.Kom.,M.A. (Co-Founder IP Consulting & Ceritakan Media), Kamis (14/8/2020).

Surabaya (beritajatim.com) – Indonesia Pride Consulting (IP Consulting) mengadakan webinar yang mengusung tema Pentingnya Pendaftaran Merek dari Sudut Pandang Hukum & Bisnis. Webinar tersebut dilaksanakan melalui aplikasi Zoom, Kamis (13/08/2020).

Brand atau merek bukan hanya sebagai logo namun diungkap sebagai kepercayaan. Dalam artian tersebut yakni kepercayaan konsumen terhadap suatu produk tertentu. Brand bahkan mampu memberikan value terhadap bisnis bahkan mampu dijual.

“Saya angkat dua case ya, yaitu yang pertama Jamu Nyonya Meneer, jamu jawa asli terkenal se-Indonesia tahun 1919 Cap Potret. Mengajukan kebangkrutan tahun 2017 tetapi walaupun perusahaannya bangkrut, tapi ini mempunyai value, bisa dijual dan masih laku dan di yaitu hanya jual merek bukan asetnya. Bahkan kompetitornya yakni Sidomuncul membeli sebagian asetnya, sebagiannya lagi dibeli lagi oleh keturunan ibu Nyonya Meneer. Meskipun perusahaannya bangkrut tetapi valuenya bagus maka masih ada nilai rupiahnya,” tutur Paulus Sulastri, S.Kom.,M.A. (Co-Founder IP Consulting & Ceritakan Media)

“Begitu juga case yang lainnya, terkait case tentang geprek bensu dan bapak Benny Sujono yang pada akhirnya dimenangkan salah satu pihak”. lanjutnya

Urusan merk dagang yang kadang tidak terlalu diperhatikan bagi sebagian pebisnis dapat menjadi bom besar bagi mereka yang kurang teliti. Lalu, bagaimana tidak jika merek dagang tersebut sudah mampu menjadi ikon usaha yang memiliki value besar. Apakah baru terlintas merek bukanlah sebuah masalah kecil?

Menurut Paulus merk sangat penting untuk membesarkan sebuah value hingga mempengaruhi penjualan maka perlu adanya proteksi terhadap merek dari segi bisnis.

“Relevansi dengan kasus ini, sayangnya kita itu kadang minim pengetahuan tentang merk itu penting. Saya tidak akan langsung lompat ngomong masalah dari sisi yuridis. Kita ngomong aja deh yah secara dunia bisnis pada umumnya, kita ngomong masalah marketingnya, pemasarannya, apa sih yang kita kedepankan sebagai perusahaan yang pengen eksis tentu kan produk. Nah kita ngomong produk, produk yang paling penting ini nantinya akan jadi senjata bagi tim pemasaran diperusahaan tersebut misalnya atau juga akan jadi pembanding” tutur Susan Himawan, S.H.,M.A. (Susan Himawan Law Firm)

Menurutnya sangat penting bagi kalangan pebisnis entah itu menengah, kecil, maupun skala besar pentingnya sebuah merk agar mampu eksis berkepanjangan dan dimulai dengan mendaftarkan merk produk pada HAKI (Hak Atas Kekayaan intelektual). [but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar