Ekbis

Atasi Kekeringan, PJB Paiton Bantu Tandon Air Bagi Warga Probolinggo

Malang (beritajatim.com) – Guna mengatasi kekurangan air bersih di musim kemarau tahun ini, PT. PJB UB JOM Unit Pembangkitan Paiton 9, memberikan bantuan tandon air berkapasitas 3600 liter pada warga di Desa Kotaanyar, Kecamatan Kotaanyar, Probolinggo, Jawa Timur.

Lembaga Peduli Lingkungan dari ProJo Jatim yang ikut mendampingi penyerahan tandon, beberapa wilayah desa di Probolinggo, Jawa Timur, saat ini tengah mengalami kekeringan. Beberapa wilayah yang terdampak kekeringan diantaranya Desa Kotaanyar, Probolinggo.

Adapun sebaran wilayah yang dilanda kekeringan diantaranya desa Kotaanyar dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 3200 warga.

Santoso, selaku perwakilan dari masyarakat Desa Kotaanyar, mengatakan, inilah langkah konkret untuk Pembangkitan Paiton 9 dalam meringankan beban masyarakat yang saat ini, sangat membutuhkan air bersih untuk sehari-hari.

“Kekeringan yang akan terjadi beberapa bulan ke depan sudah diantisipasi, bantuan dari PT.PJB UB JOM unit 9 ini turut menunjang kebutuhan masyarakat untuk air bersih. Bantuan tandon ini sangat bermanfaat bagi kami, karena di wilayah kami bahkan ada warga yang sampai menjual hewan ternaknya untuk dapat membeli air bersih,” tegas Santoso, Sabtu (12/6/2021) melalui rilis yang diterima beritajatim.com.

Sementara itu, Manager Infentori dan Keuangan PT. PJB UB JOM, Sukarno, mengungkapkan bahwa, bantuan itu bentuk komitmen terhadap masyarakat dan bentuk tanggungjawab sosial lingkungan Paiton 9.

“Bantuan tandon untuk air bersih yang disalurkan diharapkan mampu meringankan sebagian beban masyarakat Desa Kotaanyar. Mengingat satu tahun lalu, pernah terjadi kekeringan ekstrim hingga 12 RT mengalami kekeringan air bersih selama 8 bulan. Dimana masing-masing sumur kering total,” ungkap Sukarno.

Sukarno berharap, bantuan tandon dari lima unit bisa di rawat sebaik mungkin. “Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Desa Kotaanyar Supriatin, mengaku sangat bangga atas perhatian PT. PJB dan bantuan dari Paiton. Karena hal itu benar-benar bantuan yang bisa dirasakan langsung masyarakat Kotaanyar berupa 5 tandon air kapasitas 3600 liter ini.

“Bersama ke depan semoga program kepedulian ini dapat memberikan komitmen dalam menjalin hubungan kemitraan dengan desa kami dalam jangka panjang, ini langkah konkret bantu rakyat,” terang Supriatin.

“Bantuan tandon air ini semoga bermanfaat dan tolong dijaga dirawat. Kami terus ikut melakukan pemetaan dan berkoordinasi dengan Desa di beberapa wilayah untuk mendapatkan update informasi,” tambahnya. (yog/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar