Ekbis

APTI Diminta Jalin Kemitraan dengan Perusahaan Tembakau

Lumajang (beritajatim.com) – Bupati Lumajang Thoriqul Haq meminta Assoaisasi Petani Tembakau (APTI) tetap menjalin kemitraan dengan perusahaan distrubutor cigarete. Hal itu disampaikan bupati saat membuka temu lapangan dengan kelompok tani di Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh, Selasa (22/9/2020).

Tujuannya, agar harga komoditas tersebut tetap stabil selama Pandemi Covid-19. “APTI harus kompak dalam menjalin kemitraan dengan perusahaan tembakau,” ujar Cak Thoriq sapaan orang nomer satu di Lumajang.

Menurut dia, petani harus bisa menjaga kualitas produk dengan standar perusahaan. Di masa pandemi memang semua bisnis dalam menumbuhkan ekonomi terus dilakukan oleh para pengusaha dan petani. “Pemkab Lumajang siap menjadi fasilitator kemitraan petani dan perusahaan,” jelasnya.

Lumajang sejak zaman kolonialisme dan Orde baru dikenal sebagai penghasil tembakau kasturi dan barley. Namun, sejak pasca reformasi mengalami penurunan kualitas dan kemitraan usaha.

Kadis Perkebunan Pemprov Jatim, Karyadi mengatakan, untuk lahan tembakau di Jawa Timur mencapai 141 hektar dengan mampu menghasil 132 ton setiap tahun. Bahkan, secara Nasional bisa menyumbang ketersediaan tembakau 72 persen. “Tembakau Jawa Timur masih terbaik dan pemasok ke sejumlah perusahaan rokok dengan kemitraan,” jelasnya. [har/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar