Ekbis

Angsuran Karet Investor ke BUMD Perkebunan Jember Belum Lunas

Jember (beritajatim.com) – Lima tahun berjalan, pengembalian karet PT Nanggala Mitra Lestari kepada Perusahaan Daerah Perkebunan Kahyangan Kabupaten Jember, Jawa Timur, belum juga kelar.

Nanggala sempat menjalin kerjasama operasional dengan PD Perkebunan Kahyangan pada 2013. Namun karena didemo sebagian pekerja, akhirnya KSO batal dan Nanggala diminta mengembalikan 159 ton karet kering yang sudah terlanjur diterimanya.

DPRD Jember minta pengembalian karet itu pada 2014. Namun target parlemen ini tak terpenuhi hingga direktur utama PD Perkebunan Kahyangan berganti dari Sujatmiko ke Hariyanto.

“Saya ada kerjasama dengan kejaksaan sebagai pengacara negara. Kami menandatangani MOU (nota kesepahaman) dan kami serahkan ke kejaksaan untuk menagih,” kata Hariyanto.

Menurut Hariyanto, jika dinominalkan, karet itu senilai Rp 3,9 miliar. “Selama ini Nanggala sudah mengembalikan Rp 900 juta,” katanya. Angsuran baru dilakukan tiga kali.

Sampai kapan angsuran itu dilunasi? “Seharusnya satu tahun dari sekitar Februari 2018. Di situ menyangkut denda dan sebagainya sudah ada. Kalau dia tidak bisa bayar, bisa saja (status persoalan hukum) berubah dari gugatan perdata menjadi pidana,” katanya. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar