Ekbis

Anggota DPR Indah Kurnia Kenalkan QRIS untuk Pelaku UMKM

Sidoarjo (beritajatim.com) – Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Indah Kurnia menggelar sosialisasi layanan keuangan digital di Neo Hotel Sidoarjo, Jumat (26/3/2021).

Acara yang melibatkan kerjasama Yayasan Wahana Narasi Indonesia bersama Tim Rumah Aspirasi Indah Kurnia dan Bank Indonesia tersebut diikuti puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), media, dan masyarakat umum secara virtual melalui aplikasi zoom.

“Semua UMKM harus segera memiliki Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Karena QRIS sangat bermanfaat dalam proses transaksi keuangan dan pengembangan usaha UMKM,” ujar Indah Kurnia yang juga anggota Komisi DPR RI tersebut.

Sementara Rholy Satria Utomo, Asisten Manager Kantor Perwakilan BI Jatim menjelaskan, salah satu keuntungan menggunakan QRIS adalah pelaku UMKM bisa mendapat portofolio dari setiap transaksi tanpa perlu mecatatkannya secara manual.

Hal ini penting bagi UMKM yang berkeinginan untuk mengakses permodalan ke sejumlah bank. Untuk menggunakan QRIS para pelaku UMKM tidak memerlukan dukungan perangkat smartphone dengan spesifikasi tinggi.

“QRIS bukanlah sebuah aplikasi melainkan sebuah barcode. QRIS hanya sebuah kanal pembayaran berbentuk barcode yang menyatukan semua platform pembayaran digital,” tandas Rholly. [isa/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar