Ekbis

Ajak Warga Terapkan Hidup Bersih dan Disinfektasi, Upaya Pertamina Cegah Penyebaran COVID-19

Malang (beritajatim.com) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kekhawatiran masyarakat di masa tanggap darurat pencegahan penyebaran wabah Corona. Pertamina, Hari Kamis (26/3) kemarin, melalui Fuel Terminal (FT) Malang, Marketing Operation Region (MOR) V Jatmbalinus, melakukan penyemprotan disinfektan di 6 (enam) titik lokasi di Malang.

Selain penyemprotan, Pertamina bekerja sama dengan Rumah Zakat juga melakukan edukasi untuk melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), khususnya untuk sering mencuci tangan, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) kepada masyarakat sebagai bagian dari lingkungan Perusahaan yang berada di sekitar area kantor ataupun area operasi dari Pertamina. “Sesuai rekomendasi WHO, untuk mencegah penyebaran virus Corona, kita disarankan untuk sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun minimal selama 20 detik,” ujar Ahmad Zaeni, Manager FT Malang.

Penyemprotan disinfektan, sebagai salah satu penerapan PHBS, dilakukan bekerjasama dengan Rumah Zakat di 6 (enam) titik lokasi. Keenam titik ini berada di sekitar area FT Malang, untuk penyemprotan kemarin sudah dilaksanakan di 4 (empat) titik yaitu di Masjid Subulussalam, Masjid Imam Bonjol, Mushola Hayyaalashsholah, dan Gereja Pantekosta Tabernakel Alfa Omega.

Hari ini akan dilanjutkan di 2 (dua) titik rumah ibadah lainnya. “Setelah kemarin memberikan wastafel portable kepada masyarakat di sekitar area operasi FT Malang, menjadi hal yang penting juga untuk melakukan pencegahan dengan melakukan penyemprotan disinfektan, khususnya pada tempat yang dimanfaatkan oleh banyak orang, seperti rumah ibadah,” tambah Zaeni.

Ketua Takmir Masjid Subulussalam, Hidayat mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pertamina FT Malang dan Rumah Zakat atas bantuan untuk disinfektasi ke masjid dan tempat ibadah lainnya yang berada di daerah sekitar Fuel Terminal Malang.

“Dalam menanggulangi dan mengantisipasi virus Corona ini, kami merasa mendapatkan lindungan dan kenyamanan dalam melaksanakan aktifitas ibadah. Atas nama Jamaah Masjid Subulussalam kami berharap ini dapat bermanfaat baik bagi lingkungan sekitar dan juga bermanfaat untuk kesehatan dari jamaah masjid ini.” ujarnya.

Seperti diketahui, penyebaran COVID-19 sudah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur, khususnya Malang. Diperlukan upaya bersama baik dari Pemerintah, masyarakat, maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Pertamina berharap dengan adanya kerjasama dengan Rumah Zakat untuk edukasi PHBS dan penyemprotan disinfektan di tempat ibadah sekitar area operasi Pertamina, dapat memberikan kenyamanan dan menjaga kesehatan masyarakat di sekitar area operasi Pertamina. “Selain itu, juga diharapkan dapat mengedukasi masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan diri masing-masing, sebagai modal utama untuk memerangi COVID-19,” tutup Zaeni.[rea]

Apa Reaksi Anda?

Komentar