Ekbis

Agar Produktivitas Padi Meningkat, Pemupukan Berimbang Jadi Andalan

Gresik (beritajatim.com) – Memasuki puncak musim tanam padi 2018-2019, produsen pupuk nasional. PT Petrokimia Gresik (PG) kembali mengampanyekan pentingnya pemupukan berimbang. Hal ini sangat penting karena pemupukan yang teratur, dan berimbang bisa meningkatkan produktivitas tanaman padi.

Dirut PG Rahmad Pribadi menuturkan, pemupukan berimbang merupakan pemberian sejumlah pupuk untuk mencapai ketersediaan unsur hara penting dalam tanah. Tujuannya, agar kebutuhan hara tanaman terpenuhi sehingga produktivitas tanaman dapat dicapai.

“Salah satu yang terpenting adalah penggunaan pupuk organik sebagai pembenah tanah yang mampu memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Sehingga, tanah dapat menyerap pupuk anorganik secara efektif dan efisien,” tuturnya, Rabu (9/01/2019).

Dosis pemupukan berimbang yang akan digunakan dalam demonstration plot (demplot) adalah 500 kilo pupuk organik Petroganik, 300 kilo pupuk NPK Phonska Plus, dan 200 kilo pupuk Urea untuk satu hektar sawah. Selain pupuk organik untuk tanah, pemanfaatan pupuk NPK untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman. Pasalnya, pupuk tersebut merupakan pupuk non subsidi retail kemasan 25 kilo yang mulai diperkenalkan sejak 2016. “Selain memenuhi unsur hara penting seperti Nitrogen, Phospor, Kalium, dan Sulfur, Phonska Plus juga mengandung unsur hara Zink. Ini adalah unsur hara mikro yang tidak ada pada NPK Phonska bersubsidi,” ungkap Rahmad. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar