Ekbis

Ada OSS, UMKM Gresik Urus Perizinan Hanya Beberapa Menit

Gresik (beritajatim.com) – Pasca dibuka seminggu lalu, pelayanan online single submission (OSS) milik Dina Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gresik mulai diserbu para pelaku UMKM setempat. Mereka mengaku adanya pelayanan tersebut membantu perizinan usahanya.

Tercatat ada 43 pelaku UMKM sangat puas dengan adanya pelayanan izin dengan sistem online. Kendati harus mencoba beberapa kali mengoperasikan sistem tersebut melalui ponsel android.

“Betapa mudahnya mendaftar perizinan melalui sosialisasi OSS ini. Hanya bermodalkan ponsel android langsung diarahkan oleh petugas DPMPTSP. Dengan hitungan menit maka seluruh perizinan sudah kelar,” ujar Ali Maskur (35) pelaku usaha UMKM asal Sidayu, Gresik, Kamis (30/01/2020).

Ali Maskur menambahkan, sebelumnya dirinya menganggap mengurus izin usaha UMKM hal yang mustahil. Bahkan, surat perizinan itu hanya diperuntukkan bagi pelaku usaha besar saja.

“Sekarang saya sudah punya termasuk Nomer Induk Berusaha (NIB) serta Surat pernyataan kesanggupan pengelolahan lingkungan dan penataan lingkungan (SPPL),” paparnya.

Hal senada disampaikan Renny Restiawaty (31) warga asal Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Gresik yang sejak dulu sebagai pelaku bisnis mamin. Dirinya, mengaku betapa mudahnya untuk memperoleh perizinan ini.

“Meski ada di rumah, saya sudah bisa mengoperasikan aplikasi ini sampai mendapatkan izin. Mudah dan sangat mudah,” ungkapnya.

Kepala DPMPTSP Gresik Mulyanto mengatakan, program ini diluncurkan untuk melindungi para pelaku UMKM di Gresik. Pihaknya memang berharap, kedepan akan semakin banyak UMKM di Gresik yang punya bermacam perzjinan sesuai bidang usaha yang digelutinya.

‚ÄúDengan perizinan ini mereka akan semakin dapat memajukan usahanya dengan berbagai fasilitas terutama permodalan,” tandasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar