Ekbis

Ada Corona, Penjualan Buku Via Online Meningkat 300 Persen

Surabaya (beritajatim.com) – Di saat dunia bisnis melemah akibat dampak penyebaran virus corona di Indonesia, situasi berbeda terjadi di bidang bisnis buku. Toko buku Gramedia mencatat ada lonjakan penjualan via online.

“Banyaknya waktu untuk melakukan aktivitas di dalam rumah, buku menjadi salah satu media yang mulai diburu,” ungkap Sari Widjayanti, Supervisor Gramedia Expo Surabaya, Selasa (7/4/2020).

Pelayanan via online dinilai menjadi solusi jitu bagi masyarakat untuk mendapatkan sumber bacaan dengan tetap berada di rumah. Dan menurutnya penjualan melalui online ini semakin meningkat dibandingkan dengan penjualan di toko sejak pandemi terjadi.

Sari mengungkapkan, dalam beberapa minggu terakhir, penjualan via online meningkat bahkan sampai 300 persen. Utamanya penjualan melalui program cuci gudang atau buka gudang.

“Buka gudang di tahun keenam ini dibuka per 30 Maret dengan harga buku mulai Rp 5.000 dan Rp 10.000,” paparnya.

Para pembeli hanya perlu memesan dan membayar untuk dapat diantar ke seluruh Indonesia. Untuk pengiriman akan diberlakukan gratis ongkos kirim dengan membeli buku terbitan Gramedia.

“Sedangkan di wilayah Surabaya, akan diberlakukan gratis ongkos kirim tanpa syarat,” lanjutnya. Berbagai kategori buku dalam Buka Gudang Gramedia di antaranya anak-anak, novel, agama, dan lain-lain. [way/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar