Ekbis

Libur Lebaran, Peserta BPJS Masih Bisa Dapatkan Pelayanan

Sidoarjo (beritajatim.com) – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir saat libur lebaran tahun 2018.

Pada H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018, peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul Fitri dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Untuk peserta JKN-KIS yang menjalani mudik, jika membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

\”Prinsip portabilitas pada Program JKN-KIS tetap bisa dirasakan saat-saat mudik lebaran,\” kata Sri Mugirahayu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo saat berada di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Senin (4/6/2018).

Mugirahayu menambahkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan) yang membuka praktek pelayanan kesehatan.

\”Pada keadaaan kegawatdaruratan seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku,\” tandasnya dengan menghimbau para peserta JKN-KIS selalu membawa kartunya.

Disebutkan Mugirahayu, untuk Kabupaten Sidoarjo, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo telah bekerjasama dengan 158 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang terdiri dari 31 Dokter Praktek Perorangan, 13 Dokter Gigi, 26 Puskesmas, 63 Klinik Rawat Jalan Tingkat Pertama, 15 Klinik Rawat Inap Tingkat Pertama dan 11 Klinik TNI/POLRI.

Untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo telah bekerjasama dengan 12 Rumah Sakit, yaitu RSUD Sidoarjo, RSI Siti Hajar, RS Siti Khodijah, RUMKITBAN Sidoarjo, RS Bhayangkara Porong, RSU Bunda, RS Citra Medika, RS Anwar Medika, RSU HM Mawardhi, RS Aisyiyah Siti Fatimah, RS Mitra Keluarga Waru dan RS Mitra Sehat Mandiri. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar