Iklan Banner Sukun
Ekbis

7 Tips Sukses Literasi Keuangan

Sumber foto dari situs OCBC NISP

Surabaya (beritajatim.com) – Literasi keuangan tidak sekadar penting untuk pengetahuan. Tetapi juga untuk perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, panduan investasi, dan yang utama untuk membuat hidup lebih bermakna.

Juky Mariska, Executive Vice President, Wealth Management Head OCBC NISP, memberikan 7 tips agar sukses dalam hal literasi keuangan.

1. Pelajari Hal-Hal Berkaitan Dunia Keuangan
Tips pertama mewujudkan melek finansial adalah dengan mempelajari hal-hal berkaitan dunia finansial. Anda tidak perlu mengambil kuliah di jurusan keuangan guna mempelajari hal ini. Cukup rajin-rajin mempelajarinya melalui buku, materi digital, atau berita terkait keuangan.

2. Biasakan Merencanakan Keuangan Tiap Bulan
Tips berikutnya untuk mewujudkan melek finansial adalah dengan membiasakan diri merencanakan keuangan tiap bulan. Perencanaan keuangan ini akan membantu Anda lebih hati-hati dan disiplin saat membuat pengeluaran. Selain itu, saat melakukan perencanaan keuangan Anda juga dapat membuat alokasi seimbang untuk kebutuhan sehari-hari, keinginan, dan tabungan.

3. Ingat Target yang Ingin Dicapai
Setiap orang memiliki target-target di masa depan, dan sebagian target ini membutuhkan dana untuk realisasi. Dengan mengingat target-target tersebut, Anda dapat menahan keinginan menghambur-hamburkan uang. Sebaliknya, Anda justru akan bersemangat mempelajari bagaimana memanfaatkan uang dengan lebih baik dan mengembangkannya agar jumlahnya bertambah.

4. Prioritaskan Kebahagiaan Jangka Panjang
Memprioritaskan kebahagiaan jangka panjang merupakan cara mewujudkan literasi keuangan selanjutnya. Orang-orang yang mengutamakan kebahagiaan jangka pendek akan menghambur-hamburkan pendapatannya tanpa pikir panjang. Mereka tidak akan peduli jika uang mereka habis demi hal-hal tidak bermanfaat.

Akan tetapi, orang-orang dengan prioritas kebahagiaan jangka panjang akan berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu. Dibandingkan untuk menyenangkan diri di masa sekarang, seseorang dengan literasi keuangan tinggi akan mengutamakan kesejahteraan di masa mendatang.

5. Siapkan Tabungan untuk Dana Darurat
Selanjutnya, tips mampu melek finansial adalah menyiapkan dana darurat. Dengan adanya dana darurat, kita dapat mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi kebutuhan pengeluaran tidak terduga. Jika tidak digunakan, dana darurat akan menjadi cadangan tabungan yang dapat dipakai memenuhi kebutuhan lain di masa depan.

6. Belajar Investasi dengan Konsisten
Mempelajari investasi adalah salah satu cara mewujudkan melek finansial dengan cepat. Faktanya, menyimpan uang saja tidak cukup, karena uang yang disimpan tanpa diinvestasikan akan tergerus inflasi. Dengan belajar investasi secara konsisten, Anda dapat mempelajari cara mengembangkan pendapatan melalui pendanaan ke sektor-sektor produktif.

7. Terapkan Prinsip Hidup Ikigai
Terakhir, tips mewujudkan melek finansial adalah menerapkan prinsip Ikigai, prinsip hidup orang Jepang agar hidup lebih bermakna. Filosofi ini mengajarkan Anda untuk hidup secara seimbang dari hal yang finansial, keinginan, kebutuhan, dan kemampuan yang dimiliki.
Dengan menerapkan prinsip Ikigai, hidup Anda akan lebih tenang dan tentram, karena menjalani hidup berdasarkan kebijaksanaan, bukan hanya berfoya-foya memenuhi kesenangan.

“Literasi kuangan membuat generasi saat ini bisa memiliki pengetahuan terkait keuangan. Agar generasi muda mencapai #FinanciallyFit perlu didukung dengan kedisplinan dan endurance, sehingga tercipta kebiasaan yang baik,” ujar Juky Mariska. [but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar