Ekbis

7.000 Penyandang Disabilitas Akan Diberi Pelatihan Khusus

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bojonegoro mendata sedikitnya ada 7.000 penyandang disabilitas. Dari jumlah tersebut, secara bertahap mereka akan diberikan pelatihan khusus untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro Dwi Harningsih mengatakan, salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap orang yang masuk kategori disabilitas akan diberikan pelatihan khusus sesuai dengan minatnya.

“Mereka akan mendapat pelatihan di Loka Bina Karya, gedung pelatihan khusus untuk disabilitas. Seperti pelatihan menjahit, tata boga dan lain sebagainya,” ujarnya, Rabu (29/7/2020).

Selain memberikan peningkatan skill dan bantuan peralatan, mereka juga diberikan akses pasar dan ruang untuk mengembangkan usaha yang dilakukan. “Produk mereka biasanya kita pasarkan dan dipamerkan dalam event-event pemerintah,” terangnya.

Di antara penyandang disabilitas itu adalah Ngatini dan Gunawan. Dua orang ini telah mengembangkan usaha jahit. Warga Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam itu kini juga sudah mempekerjakan warga sekitar untuk memenuhi pesanan.

“Sejak 2008 mulai menekuni usaha jahit dan mengikuti pelatihan-pelatihan, sekarang sudah banyak orderan,” ujar Ngatini. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar