Ekbis

Jelang Natal dan Tahun Baru, Bupati Magetan Sidak Pasar Sayur

Bupati Suprawoto saat memantau secara langsung kondisi harga berbagai kebutuhan bahan pokok di Pasar Sayur Magetan, Rabu (16/12/2020).(foto/Ade Mas Satrio Gunawan)

Magetan (beritajatim.com) – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2021, harga kebutuhan pokok di Kabupaten Magetan masih stabil. Hal itu diungkapkan Bupati Magetan Suprawoto usai sidak untuk mengetahui kondisi harga berbagai kebutuhan bahan pokok terkini.

Bupati Suprawoto mengatakan, ada beberapa bahan kebutuhan pokok yang paling dibutuhkan dalam momen seperti ini. Misalnya beras, telur, daging, minyak goreng, dan gas elpiji. Maka, ia memastikan untuk mengawasi ketersediaan sembako di pasaran dengan cermat.

“Hukum ekonomi ya, setiap supply terbatas harga naik atau permintaan banyak pasti harga naik kalau supply tetap,” ujar Suprawoto saat sidak di Pasar Sayur Magetan, Rabu (16/12/2020).

Bupati menambahkan, sidak menjelang perayaan Natal dan tahun baru selama ini memang sudah jadi agenda rutin. Melalui sidak bisa diketahui kondisi langsung yang ada di lapangan serta mendapat masukan dari pedagang dan masyarakat

Dari monitoring tadi, menurutnya, memang ada beberapa komoditas mengalami kenaikan harga seperti daging ayam, telur, cabai, minyak goreng dan beras cenderung stabil. Tapi kenaikannya hanya sedikit atau masih dalam batas normal.

“Lombok cabe kalau harganya naik misalkan gitu ya, yang biasanya makan puedes ya jangan pedes-pedes,” canda Kang Woto.

Suprawoto menjelaskan, ada barang substitusi artinya kalau misalkan dengan manfaat yang sama itu bisa disiasati ada barang lain yang bisa menggantikan.

“Seperti lombok itu kan substitusinya tidak ada, kita harus cara lain untuk menyiasati. Terutama bagi konsumen karena suplai nya terbatas kemudian permintaan yang cenderung naik otomatis naiknya juga berlipat,” pungkasnya. [asg/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar