Ekbis

52 Pelaku IKM Lulus Pelatihan Kopi Kementerian Perindustrian

Jember (beritajatim.com) – Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka pada Kementerian Perindustrian meluluskan 52 orang pelaku industri kecil menengah yang mengikuti pelatihan industri minuman kopi yang bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia.

Tahun 2018, ada 15 pelaku IKM lulus pelatihan uji cita rasa kopi dan 14 orang lulus pelatihan roasting dan blending. Sementara tahun ini, 11 orang pelaku IKM lulus uji cita rasa kopi dan 12 orang lulus pelatihan roasting dan blending.

Kepala Sub Direktorat Minuman dan Bahan Pengawet Endang Purweni mengatakan, para peserta ini sudah berpengalaman mengolah kopi. Pelatihan bertujuan supaya produk mereka lebih bagus lagi.

“Andaikan dia punya kedai kopi atau kafe, kopi yang disajikan ke pelanggan rasanya lebih terasa,” kata Endang, usai membuka pelatihan uji cita rasa kopi di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (27/8/2019).

IKM yang selama ini mengikuti dua jenis pelatihan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka ditunjuk Dinas Perindustrian dan Perdagangan daerah masing-masing.

Khusus peserta pelatihan uji cita rasa kopi kemarin berasal dari Bangli, Tabanan, Bondowoso, Wonosobo, Temanggung, Tanah Toraja, dan Toraja Utara. Peserta sudah berpengalaman di bidang kopi.

“Karena ini uji cita rasa, kelas yang tertinggi untuk kelas training kopi. Jadi mereka memang harus sudah bergerak di bidang kopi. Kalau pemula tidak bisa masuk kelas uji cita rasa,” kata Endang. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar