Iklan Banner Sukun
Ekbis

37 Sapi di Bangkalan Suspek PMK

Pasar Sapi: Foto/dok

Bangkalan (beritajatim.com) – Satgas PeTasan (Pengendalian, Pemantauan dan Pengawasan Peternakan) pemerintah Kabupaten Bangkalan, menemukan 37 ekor sapi suspek Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hal itu ditemukan saat petugas melakukan pengecekan ke rumah karantina di Tanjung Bumi.

Kepala Dinas Peternakan Bangkalan, Ahmat Hafid mengatakan, 37 sapi tersebut belum dipastikan positif PMK. Namun, memiliki gejala serupa PMK dan hasil pemeriksaan laboratorium belum keluar. “Kami masih menunggu hasil laboratorium untuk mengetahui positif atau tidak,” jelasnya, Senin (16/5/2022).

Ia menyebutkan, telah melakukan isolasi terhadap 37 ternak itu. Petugas juga memberikan perawatan khusus agar sapi tersebut sembuh dan kembali sehat. “Sudah dilakukan isolasi oleh petugas, selain itu juga dirawat dan diberikan vitamin agar sapi kenbali sehat,” ungkapnya.

Saat ini terdapat 633 ekor sapi di rumah karantina hewan tersebut. Ia berharap, ratusan sapi lainnya tidak terpapar penyakit yang mudah menular itu. “Semoga semuanya sehat dan tidak terjangkit PMK,” ungkapnya.

Dikatakan, puluhan sapi yang terindikasi terpapar PMK itu berasal dari luar Bangkalan. Ia menegaskan, saat ini belum terdapat sapi lokal yang terpapar penyakit itu. “Semuanya dari luar. Makanya pengiriman masuk dan keluar distop sementara agar penyakit itu tidak semakin menular ke ternak lainnya,” pungkasnya.[sar/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar