Ekbis

31 Ribu Petani Ponorogo Belum Punya Kartu Tani, Padahal Manfaatnya Banyak

Pupuk bersubsidi yang disimpan di salah satu gudang di jalan raya Ponorogo-Madiun, Kecamatan Babadan Ponorogo. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemerintah dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepakat mewajibkan penggunaan Kartu Tani dalam pembelian pupuk bersubsidi. Kebijakan tersebut sedianya diberlakukan pada tanggal 1 September kemarin. Namun Pemerintah menunda kebijakan tersebut hingga tahun depan.

Rencana penggunaan Kartu Tani untuk pembelian pupuk bersubsidi tersebut, berpolemik disebagian petani di Ponorogo. Sebab, ada puluhan ribu petani di bumi reyog belum mengantongi kartu tersebut.

“Penggunaan kartu tani ini untuk efektivitas penggunaan pupuk bersubsidi itu dalam pertanian,” kata Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Ponorogo Andi Susetyo, Rabu (2/9/2020).

Dengan Kartu Tani itu, petani dapat efektif dalam membeli dan menggunakan pupuk bersubsidi. Sebab berpatokan pada sistem elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok tani (e-RDKK), dimana dengan menggunakan kartu itu bisa diketahui kebutuhan pupuk si petani.

“Jadi bisa jadi acuan bagi petani dalam membeli pupuk bersubsidi,” katanya.

Data dari Dipertahankan Ponorogo, ada sebanyak 109.996 petani sudah terdata dalam e-RDKK. Dari jumlah teraebut, baru 78.975 petani yang sudah mempunyai Kartu Tani. Sementara, kartu untuk 22.248 petani masih diproses. Dan masih ada 8.035 data petani yang harus diperbaiki ulang.

“Sekitar 31 ribu petani di Ponorogo yang belum mempunyai Kartu Tani,” katanya.

Andi mengeklaim pihaknya sudah menyurati Kementerian Pertanian untuk penyaluran kartu kepada petani yang belum punya. Dipertahankan berkoordinasi dengan pihak perbankan untuk mengebut pembuatan kartu tersebut. Hingga kebijakan Kartu Tani ini berlaku, pembelian pupuk bersubsidi masih menggunakan acuan e-RDKK.

“Petani yang belum masuk dalam data sistem e-RDKK, bisa mengusulkan pada tahun depan,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar