Iklan Banner Sukun
Ekbis

2023 Hipmi Jatim Targetkan Go Internasional

Surabaya (beritajatim.com) –  Ketua Umum BPD Hipmi Jawa Timur, Rois Sunandar Maming menargetkan tahun depan produk-produk dari Hipmi Jatim bisa menembus pasar luar negeri. Untuk itu pihaknya mulai gencar melakukan kunjungan ke sejumlah negara untuk melakukan promosi dan penjajakan pasar.

“Tahun depan kita siap Go International,” ujar Ketua Umum BPD Jatim, Rois Sunandar Maming pada pembukaan Rakerda XVI BPD Hipmi Jatim di Surabaya, Sabtu (14/5/2022). Rakerda yang dihadiri sekitar 500 anggota Hipmi dari 35 kabupaten/kota di Jatim ini mengangkat tema “Gerak Cepat Pulihkan Ekonomi”.

Rois menuturkan, baru-baru ini dirinya melakukan kunjungan ke Dubai, Amerika Serikat dan Singapura. Dari kunjungan tersebut diketahui bahwa mereka siap menerima produk-produk dari UMKM di Jatim.

Meskipun demikian, Rois mengatakan masih ada PR yang harus diselesaikan. “Kita masuk harus melakukan akselerasi agar memenuhi produk yang diekspor memenuhi standar,” ujarnya.

Karena itu ia berencana membentuk PT untuk menyaring produk-produk UMKM dari Jatim. Selain itu Hipmi juga akan mengumpulkan merk Dagang yang bisa memenuhi syarat dan lolos dikirimi ke luar negeri.

“Di dalam negeri, Bu Gubernur Jatim juga melibatkan Hipmi dalam beberapa misi dagang ke beberapa provinsi,” ujarnya sambil menyebutkan Hipmi telah mengikuti misi dagang ke Palu di Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Berikutnya, pada 24 Mei mendatang Hipmi akan mengikuti misi dagang Jatim ke Bangka Belitung.

“Sesuai dengan tema Rakerda kali ini, Hipmi Jatim siap menyumbangkan tenaga untuk mempercepat pemulihan ekonomi,” tegas Rois Maming.

Sementara itu, Sekjen BPP Hipmi Bagas Adhadirga mengapresiasi Hipmi Jatim sebagai salah satu BPD teraktif. “Ini menjadi bukti Ketum Rois mampu membangkitkan semangat kewirausahaan di era pandemi ini,” tutur Bagas.

Hipmi, dikatakan Bagas bisa disebut sebagai pahlawan ekonomi karena ikut membangkitkan ekonomi di masa pandemi.

Menurut data BPS, jumlah wirausaha di Indonesia sejumlah 3,1 persen dari jumlah penduduk. Sementara dari perhitungan Hipmi, butuh 14 persen dari seluruh penduduk Indonesia untuk menjadi negara maju. Karena itu dibutuhkan event-event untuk bisa menggairahkan minat anak muda di bidang enterpreneur.

Lebih lanjut ia menambahkan, saat ini ada empat kader terbaik Hipmi di pemerintahan. Mulai dari M. Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi, Erick Tohir sebagai Menteri BUMN dan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Ini memiliki arti bahwa Presiden Jokowi menaruh Harapan terhadap Hipmi,” ujarnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak yang membuka Rakerda XVI BPD Hipmi Jawa Timur mengungkapkan, adanya vaksinasi dan ketaatan menjalankan protokol kesehatan membuat lebih optimis dalam menatap perekonomian ke depan. Di Jatim sendiri berhasil mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen. Lebih tinggi dibandingkan nasional yang sebesar 5,01 persen.

Selain itu, dari statistik Ketenagakerjaan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Februari 2022 sebesar 4,81 persen, turun 0,36 persen poin dibandingkan dengan Februari 2021. Dan penyerahan tenaga kerja terbesar ada pada sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan. “Ini juga sebagai bukti bahwa pekerjaan bukan hanya ada di perkotaan saja. Bahkan di pedesaan, penyerahan tenaga kerja juga sangat besar. Tidak perlu semua ke kota,” ujar Wagub Emil.[rea]


Apa Reaksi Anda?

Komentar