Iklan Banner Sukun
Ekbis

2 Lokasi Sentra PKL di Pamekasan Dipastikan Beroperasi Akhir Tahun

Salah satu Sentra PKL Pamekasan, di bekas lahan RSUD Pamekasan, Jl Kesehatan, Selasa (13/9/2022). [Gambar: beritajatim.com]

Pamekasan (beritajatim.com) – Dua titik lokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di kabupaten Pamekasan, dipastikan tuntas dan ditempati oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah setempat, pada akhir 2022 mendatang.

Kedua lokasi PKL tersebut masing-masing di lahan eks RSUD Pamekasan, Jl Kesehatan, serta di lahan milik Yayasan Dharma Siswa Madura, di Jl Dirgahayu, Pamekasan.

Dua titik PKL tersebut, nantinya disinyalir akan menjadi lokasi representatif bagi para PKL yang tersebar di area Monumen Arek Lancor, serta di sepanjang Jl Dirgahayu, dan sekitarnya.


Kedua lokasi tersebut tengah dalam proses pembangunan dan dipastikan tuntas dan bisa ditempati para PKL pada akhir 2022 mendatang. Hal tersebut sebagai bentuk ikhtiar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, guna mewujudkan keindahan kota, sekaligus memfasilitasi para pelaku UMKM di wilayah setempat.

“Saat ini lahan PKL di Dirgahayu sedang digarap, lahan lainnya di bekas RSUD juga dibangun. Memang lokasi bekas RSUD pembangunannya dimulai duluan dan Insya’ Allah tahun ini selesai, termasuk juga di Dirgahayu. Sehingga akhir tahun sudah bisa ditempati,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Pamekasan, Muttaqin, Selasa (13/9/2022).

Dari dua lahan tersebut, nantinya dipastikan dapat menampung ratusan para pelaku UMKM di wilayah setempat. “Lahan di Dirgahayu diperkirakan mampu menampung sebanyak 60 PKL, sementara di eks RSUD Jl Kesehatan mencapai 240 PKL,” ungkapnya.

Hanya saja pihaknya tidak menampik jika saat ini terdapat PKL baru yang membuka lapak di sekitar lokasi pembangunan, bahkan mereka juga tidak masuk dalam data yang akan menempati lokasi yang dinilai sangat strategis. Apalagi kedua lokasi tersebut juga diprediksi tidak akan mampu menampung para PKL secara keseluruhan.

“Kami akui jika saat ini banyak bermunculan PKL baru di sekitar Jl Dirgahayu, semisal di Jl Pintu Gerbang. Termasuk juga di sekitar Jl Kesehatan di lokasi eks RSUD. Tentunya secara keseluruhan tidak bisa tertampung, tetapi tetap kita pikirkan lagi. Apalagi yang menyebar itu banyak (PKL) yang baru, jadi mikirnya bertahap,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sangat berharap agar para PKL dapat mematuhi peraturan yang berlaku, khususnya saat menempati lahan sentra PKL. “Dengan demikian, apa yang dicita-citakan Pak Bupati (Badrut Tamam) agar Pamekasan indah, rapi dan tertib, terlaksana dengan baik,” pungkasnya. [pin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev