Ekbis

175 Petani di Jember Ikuti Program Agro Solution

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 175 orang petani di 15 kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengikuti program Agro Solution yang dicanangkan ┬áPT Pupuk Indonesia (Persero). Luas lahan yang digarap dengan program ini adalah 242,4 hektare.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi mengatakan, melalui Agro Solution, produktivitas dan keuntungan petani dapat meningkat, dari tujuh ton per hektare menjadi 10,7 ton per hektare atau meningkat 52,9 persen.

Agro Solution adalah program pendampingan intensif kepada petani dan budidaya pertanian berkelanjutan, serta melibatkan rantai pasok. Penerapan program ini memanfaatkan pupuk non subsidi, sehingga dapat mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk subsidi.

“Kami optimistis Agro Solution dapat terus meningkatkan produktifitas petani yang pada akhirnya akan berimplikasi langsung terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani,” katanya, sebagaimana siaran pers yang diterima┬áberitajatim.com, Jumat (6/11/2020).

Pupuk Kaltim percaya Agro Solution mampu meningkatkan keunggulan hasil pertanian secara kompetitif. Program ini juga menciptakan komunitas masyarakat yang produktif di sepanjang rantai pasok pertanian, untuk meningkatkan ketersediaan pangan sesuai kebutuhan pasar.

PT Pupuk Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BNI di Kabupaten Jember, Kamis (5/11/2020). Ini nota kesepahaman sinergi dalam pemberdayaan pertanian serta pemberian akses permodalan bagi Petani Indonesia melalui program Agro Solution.

Pupuk Indonesia dan Pupuk Kaltim juga menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa bantuan pupuk Urea dan NPK masing-masing sebanyak 1 ton kepada petani Agro Solution di Jember. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar