Ekbis

150 UMKM Ikuti Gebyar Wisata, Target Rambah Penjualan ke Asia Tenggara

Surabaya (beritajatim.com) – Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Jawa Timur menggelar Gebyar Wisata UMKM, pada 7 -9 April 2020 di Garden Palace Hotel Surabaya. Kegiatan ini untuk menyikapi menjamurnya UMKM di Indonesia.

Sebanyak 150 UMKM dari seluruh Indonesia dan Malaysia akan mensuport acara ini. Beberapa brand besar seperti Krisna dari Bali, Dagadu dari Yogyakartamenjadi salah satu UMKM yang akan membuka gerainya, bahkan biro pariwisata dan travel Ageng yang akan ikut ambil bagian.

Wiwik Sri Wulandari, Ketua Pelaksana, mengatakan, even ini tidak sekadar pameran produk UMKM melainkan mempertemukan antara pelaku usaha UMKM dan biro pariwisata. Sekaligus mendekatkan antara pembeli dan penjual.

“Biro pariwisata ini kan juga punya kaitan erat membantu mempromosikan produk daerah khususnya UMKM,’ ungkap Wiwik.

Gebyar Wisata UMKM akan mempertemukan buyer dan UMKM. Diharapkan ada efek yang luar biasa. Pihak UMKM akan mendapatkan data base dari pembeli sehingga ada nilai tambah buat produknya,” kata Wiwik di sela launching Gebyar Wisata UMKM di Surabaya,Jumat (6/3/2020).

Beragam produk unggulan datang dari berbagai UMKM di indonesia baik itu dari UMKM skala kecil maupun skala besar seperti desa (Prudes) akan dipamerkan di acara ini. Mulai dari produk kerajinan, makanan dan minuman serta produk makanan ringsan khas daerah masing masing.

Aneka jenis makanan ringan yang beberapa tahun ini berkembang pesat. Makanan kecil dan kuliner adalah salahsatu produk yang banyak dibuat UMKM. Kemudian aksesoris, aneka tenun khas daerah masing masing dan makanan.

“Sesuai anjuran pemerintah insan pariwisata diminta untuk menggalakkan desa wisata karenanya pemerintah daerah diminta ikut aktif dalam pameran kali ini. Mengingat pariwisata tidak terlepas dari UMKM mulai dari ikut mempromosikan dan lainnya,” jelasnya.

Sayangnya untuk target, Wiwik ak mau berspekulasi akan nominal karena tujuan utamanya adalah mempertrmukan antara pelaku usaha dengan pembeli. Selain pameran panitia juga akan mewadahi para UMKM melalui kelas Table Top khususnya bagi peserta yang mengikuti pameran selama dua hari. [way/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar